get app
inews
Aa Read Next : Chery Tiggo 5X Target Jual 500 Unit per Bulan, Bersaing Honda WR-V dan Daihastu Rocky

Bukit Safa dan Marwah Salah Satu Tempat Mustajab Berdoa di Mekah

Minggu, 26 Mei 2024 | 11:31 WIB
header img
Tempat doa mustajab di Makkah (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tempat doa mustajab di Makkah menarik untuk dibahas kali ini. Menunaikan ibadah haji dan umroh merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh banyak kaum Muslim.

Terdapat beberapa tempat mustajab di Makkah dan Madinah yang dapat dikunjungi saat menunaikan ibadah haji. Tempat-tempat mustajab untuk berdoa tersebut mencakup tempat-tempat di area Ka'bah.

Lantas, mana saja tempat doa mustajab di Makkah? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/5/2024). 

Tempat Doa Mustajab di Makkah

1. Multazam

Tempat doa mustajab di Mekkah yang pertama adalah Multazam. Lokasinya berada diantara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah yang berjarak kurang lebih 2 meter.

Dinamakan Multazam sebab dilazimkan bagi setiap muslim untuk berdoa di tempat tersebut. Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah memerintahkan umatnya ketika berdoa di tempat ini disunnahkan untuk berdoa sambil meletakkan tangan, dada, dan pipi ke Multazam.

2. Rukun Yamani

Rukun Yamani letaknya berada di sisi sebelah barat daya Ka'bah. Tepatnya sebelum Hajar Aswad dari arah dilakukannya tawaf. Adapun, bangunan tersebut memiliki tinggi kurang lebih 10,25 meter.

Dinamakan rukun Yamani sebab bagian dari Ka'bah ini diketahui menghadap ke arah negara Yaman. Jamaah haji disunnahkan untuk mengusap Rukun Yamani saat berdoa.

3. Hijr Ismail

Hijir Ismail terletak di sebelah utara Ka'bah. Bentuk dari bangunan ini adalah setengah lingkaran.

Sebelumnya Hijr Ismail dianggap sebagai salah satu termasuk bagian Ka'bah. Disebabkan kurangnya biaya, pada akhirnya mereka tidak memasukkannya ke dalam bagian Ka'bah.

4. Dalam Ka'bah

Tempat doa yang mustajab di Mekkah selanjutnya adalah bagian dalam Ka'bah. Namun sayang, tidak semua orang diizinkan untuk masuk ke dalam Ka'bah.

Bahkan, beberapa sahabat Nabi SAW juga tidak diizinkan oleh Rasulullah SAW masuk ke dalam Ka'bah dan melakukan salat di dalamnya. Sampai-sampai Aisyah RA, istri Rasulullah SAW juga tidak boleh memasuki tempat ini.

5. Mina

Lokasi Mina berada di kawasan Tanah Haram antara Makkah dan Muzdalifah. Atau berjarak sekitar 4 km dari Masjidil Haram dan 4 km dari Muzdalifah.

Memiliki luas kurang lebih 20 km persegi, Mina jadi tempat jamaah haji berkumpul dan bermalam. Umat Muslim disunnahkan untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya.

6. Di Bawah Mihzab

Mihzat atau Mirzab merupakan sebuah pancuran yang dipasang di atas atap Ka'bah. Adapun, lokasinya yakni agak ke barat dan menonjol keluar persis di atas Hijr Ismail.

7. Belakang Maqam Nabi Ibrahim

Maqam Ibrahim jadi salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Tempat ini tidak merujuk kepada makam atau tempat penguburan manusia. Melainkan sebongkah batu bekas telapak kaki Nabi Ibrahim.

8. Padang Arafah

Menurut Syaikh Majdi Abdul Wahab Al-Ahmad yang diterjemahkan Abdul Rosyad Shiddiq dalam buku Syarah Hisnul Muslim: Kumpulan Doa-doa Pilihan Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah, memanjatkan doa di Padang Arafah akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

9. Bukit Safa dan Marwah

Menurut Muhammad Syafie el-Bantanie dalam bukunya yang berjudul Agar Doa Selalu Dikabulkan Allah, umat Muslim yang sedang mengunjungi Bukit Safa dan Marwah saat berhaji disunnahkan untuk memanjatkan doa.

Demikian ulasan mengenai tempat doa mustajab di Makkah. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut