get app
inews
Aa Read Next : 4 Fakta Desa Ngeposari Gunung Kidul yang Dijuluki Kampung Janda

Menikmati Gunung Merapi yang Indah dari Bukit Klangon Sleman

Kamis, 13 Juni 2024 | 08:37 WIB
header img
Desa di Sleman, Singgah ke Perbukitannya Menikmati Gunung Merapi yang Indah seperti Lukisan (Foto: Instagram @chaniiiss)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pesona keindahan alam yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menarik jika dieksplorasi. Apalagi jika singgah ke kawasan Sleman, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi yang cantik layaknya lukisan alam.

Ya, Yogyakarta tidak hanya memiliki pegunungan eksotis, pantai, dan kulinernya yang lezat, di sini juga ada daya pikat yang membuat siapa saja betah berlama-lama.

Maka itu, belum lengkap jika travelling ke DIY tanpa mengunjungi Gunung Merapi. Di sini terdapat objek wisata menarik untuk dikunjungi. Objek wisata tersebut bernama Bukit Klangon atau Klangon Hills. Warga sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Bukit Indah Glagaharjo.

Bukit Klangon merupakan kawasan tertinggi di Sleman. Dari atas bukit ini, Anda bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi yang cantik layaknya lukisan alam.

Bukit Klangon Merapi mengusung wisata gardu pandang sebagai konsep utama. Berbeda dengan wisata-wisata yang memiliki konsep sama, pemandangan gardu pandang di Bukit Klangon terlihat eksotis karena memiliki pemandangan Gunung Merapi.

"Eksotisme kawah merapi yang merekah. Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Foto dolan dari @suryojdb," tulis Instagram @ayodolan.

Selain terkenal dengan gardu pandang, Bukit Klangon juga dikenal sebagai salah satu lokasi Downhill terbaik di Yogyakarta. Di tempat ini, dikembangkan lintasan sirkuit downhill bagi para pembalap sepeda gunung (MTB).

Di sirkuit ini, Anda juga bisa menjajal bersepeda santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Bukit Klangon berada di ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut.

Kondisi ini menyebabkan daerah bukit ini memiliki udara dingin. Pengunjung harus mengenakan pakaian tebal jika tidak ingin kedinginan.

Jika ingin mengeksplor lebih jauh kawasan wisata ini, Anda bisa berkemah. Di sini terdapat area landai yang digunakan untuk lokasi kemah. Tetapi sebelumnya, Anda harus mengunjungi pengelolanya dahulu.

Kawasan wisata bukit ini berlokasi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Untuk menuju Bukit Klangon Merapi, wisatawan dapat memulai dari Jalan Kaliurang lurus ke utara sampai bertemu pertigaan untuk menuju merapi Golf atau The Lost World Castle kemudian ambil kanan lurus ke timur.

Sampai ada pertigaan, ambil kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Bukit Klangon. Bukit Klangon ini letaknya hanya sekitar 2 km dari The Lost World Castle.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut