get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Tiga Tokoh Teladan dalam Ibadah Kurban

5 Tips Masak Daging Kurban, Biar Empuk dan Hemat Gas

Minggu, 16 Juni 2024 | 08:21 WIB
header img
Momen Idul Adha identik dengan hidangan lezat berbahan dasar daging kurban. (Foto: Dapur Ireng Manis)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Mengolah daging kurban agar empuk dan hemat gas sebuah tantangan tersendiri. Tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memasak daging kurban agar empuk dan hemat gas.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah menggunakan panci besar yang sesuai dengan jumlah daging agar panas merata.

Selain itu, penting juga untuk menghindari menambahkan air saat merebus daging agar teksturnya tidak alot. Gunakan juga bumbu dan rempah-rempah yang sesuai untuk menambah cita rasa daging.

Berikut tips masak daging kurban agar empuk dan hemat gas dilansir dari kanal YouTube Dapur Ireng Manis, Sabtu (15/6/2024).

Cara Masak Daging Kurban Agar Empuk dan Hemat Gas

1. Rebus Air Terlebih Dahulu
Pastikan air direbus hingga mendidih sebelum daging dimasukkan. Setelah air mendidih, baru masukkan daging dan tutup panci. Rebus selama kurang lebih 5 menit dengan panci tertutup rapat.

2. Jangan Buka Tutup Panci
Selama proses merebus, hindari membuka tutup panci agar uap panas tidak keluar. Membuka tutup panci terlalu sering dapat memengaruhi kematangan dan keempukan daging.

3. Diamkan Selama 30 Menit
Setelah daging matang, biarkan tetap di dalam panci selama 30 menit dengan keadaan panci tertutup. Cara ini membantu daging masak sempurna dan menjadi lebih empuk.

4. Nyalakan Kompor Lagi
Setelah didiamkan selama 30 menit, nyalakan kompor kembali. Rebus daging hingga air mendidih lagi selama 7 menit. Jangan buka tutup panci selama proses ini agar perebusan tetap optimal.

5. Diamkan Selama 15 Menit
Setelah rebusan kedua, matikan kompor dan biarkan daging tetap dalam panci selama 15 menit. Semakin lama daging didiamkan, semakin empuk hasilnya. Setelahnya, buka tutup panci dan daging siap diolah. (*)

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Annastasya Rizqa dengan judul "Cara Masak Daging Kurban Agar Empuk dan Hemat Gas, Ini 5 Tipsnya".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut