get app
inews
Aa Read Next : Bikin Nagih Olahan Sate Maranggi dan Tongseng dari Daging Kurban

Biar Empuk, ini 6 Cara Merebus Daging Sebelum Diolah dengan Resep Pilihan

Selasa, 18 Juni 2024 | 21:52 WIB
header img
Cara rebus daging biar empuk (Foto: Gulf news)

JAKARTA, iNewsSerpong.id  - Ada banyak cara rebus daging biar empuk. Kali ini, jika mendapatkan daging kurban di momen Idul Adha, Anda bisa membuat masakan lezat. 

Namun sebelum memasaknya, ada baiknya Anda mengetahui cara merebusnya agar tekstur daging empuk dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Untuk merebus daging agar empuk merupakan salah satu teknik dasar dalam memasak yang perlu dikuasai.

Daging yang empuk bukan hanya lebih mudah dikunyah tetapi juga lebih lezat karena bumbu yang meresap sempurna. Apalagi jika sudah diolah dengan rempah-rempah pilihan, dijamin makin menggugah selera.

Penasaran, bagaimana cara rebus daging agar empuk? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (17/6/2024).

Cara Rebus Daging biar Empuk 

1. Pilih Daging yang Tepat

Memilih potongan daging yang tepat adalah langkah pertama dan terpenting dalam proses ini. Beberapa potongan daging yang cocok untuk direbus antara lain sengkel yang memiliki banyak jaringan ikat yang akan melunak saat dimasak. Kemudian ada sandung lamur (Brisket). Bagian ini memiliki lemak yang membuat daging lebih gurih. Sedangkan bagian iga sapi memiliki kombinasi daging dan tulang yang memberikan rasa ekstra.

2. Blanching untuk Membersihkan Daging

Sebelum memulai proses perebusan utama, Anda bisa melakukan blanching untuk menghilangkan kotoran dan bau amis dari daging. Adapun cara blanching adalah rebus air hingga mendidih. Masukkan daging selama 2-3 menit. Angkat dan buang air rebusan pertama.

3. Rebus dengan Air Bersih

Setelah proses blanching, lanjutkan dengan merebus daging dalam air baru. Rebus air baru hingga mendidih. Masukkan daging yang telah diblanching. Kemudian, proses penambahan bumbu. Tambahkan bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, jahe, garam, dan merica untuk meningkatkan rasa.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut