get app
inews
Aa Read Next : Upacara HUT RI di IKN Jokowi Bersama Prabowo, Ma'ruf Amin dan Gibran di Istana Jakarta

Investor Kurang Minati Proyek Rusun ASN Melalui Skema KPBU

Sabtu, 22 Juni 2024 | 06:42 WIB
header img
Hingga saat ini investor kurang tertarik menggarap proyek Rusun ASN di IKN dengan skema KPBU. (Foto: Kementerian PUPR)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Investor kurang tertarik membangun rumah susun (rusun) ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN). Alasannya, skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) tidak menguntungkan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa biaya investasi yang diperlukan untuk proyek di IKN cenderung lebih mahal dibandingkan dengan proyek lainnya. Tingginya nilai investasi ini menjadi pertimbangan pemerintah dalam skema pengembalian atau keuntungan investasi.

"Kalau saya, KPBU rusun ASN itu menurut saya kan mahal, bisa cost of money-nya 2-3 kali lipat," ucap Basuki usai membuka acara ulang tahun Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Estimasi Nilai Proyek 

Basuki membandingkan proyek Rusun KPBU di IKN dengan proyek Jembatan Callender Hamilton. Pembangunan 37 jembatan yang sebelumnya dikerjakan oleh Kementerian PUPR membutuhkan investasi sekitar Rp700 miliar lewat skema KPBU. Namun, investor mendapatkan pengembalian selama 15 tahun dengan imbal hasil investasi keseluruhan bisa mencapai Rp1,5 triliun.

Berbeda dengan proyek Rusun ASN di IKN, estimasi nilai proyek ini sekitar Rp30,8 triliun untuk membangun 66 tower di IKN. Nilai investasi yang besar ini menjadi pertimbangan matang pemerintah untuk menjalin skema KPBU dengan swasta.

"Jadi masih kita hitung betul, mendingan loan (pinjaman) karena masih kecil bunganya," kata Basuki.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut