Subsidi Tersembunyi dan Dampaknya
CSIS menyatakan bahwa analisis mereka "sangat konservatif" dan belum memperhitungkan semua bentuk dukungan pemerintah, termasuk insentif lokal, hadiah tanah, diskon listrik, dan subsidi pemasok.
Sebagai contoh, produsen baterai raksasa CATL dilaporkan menerima subsidi sebesar USD809,2 juta pada tahun lalu, jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.
Subsidi besar-besaran ini telah menciptakan masalah kelebihan pasokan kendaraan listrik di China, yang memicu perang harga di dalam negeri dan mendorong produsen untuk fokus pada pasar internasional.
Meskipun subsidi telah mendorong pertumbuhan industri mobil listrik China, beberapa pertanyaan muncul terkait keberlanjutan model ini. Akankah produsen mobil listrik China tetap kompetitif jika subsidi dikurangi atau dihapus? (*)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "Subsidi Triliunan Rupiah: Rahasia Harga Murah Mobil Listrik China".
Editor : Syahrir Rasyid