get app
inews
Aa Read Next : Sesuai Sunnah, inilah Amalan di Bulan Muharram

Dari Hijrah Nabi hingga Peristiwa Hari Asyura, 10 Keutamaan Bulan Muharram

Sabtu, 06 Juli 2024 | 09:27 WIB
header img
Ilustrasi keutamaan Bulan Muharram bagi umat Islam yang berlimpah pahala. (Foto: Freepik)

4. Peristiwa Hijrah Nabi SAW

Keutamaan Bulan Muharram berikutnya menjadi titik awal peristiwa hijarhnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Peristiwa itu kemudian dijadikan patokan oleh Khalifah Umar ibn Khattab untuk memulai tahun hijriah dengan Bulan Muharram karena merupakan hijrahnya Nabi.

5. Terdapat Hari Asyura

Keutamaan Bulan Muharram selanjutnya terdapat Hari Asyura yang terjadi sejumlah peristiwa penting dialami para nabi. Asyura berasal dari kata asyara, artinya bilangan 10.

Di Hari Asyura juga sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa Asyura. Secara istilahi Puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram pada Kalender Islam Hijriyah. 

Keutamaan shaum tersebut sebagaimana diriwayatkan dalam hadits dari Abu Qatadah, bahwa shaum tersebut bisa menghapus dosa-dosa kita selama setahun yang telah lalu (HR Muslim 2/819).

6. Bulan Kemuliaan Para Nabi

Keutamaan bulan Muharram juga banyak terjadi peristiwa penting yang dialami para nabi. Semua peristiwa itu terjadi pada 10 Muharram yang dikenal dengan hari Asyura. 

Beberapa peristiwa yang terjadi pada hari Asyura di antaranya bertobatnya Nabi Adam alaihisalam (as), berlabuhnya kapal Nabi Nuh as di Bukit Juhdi setelah enam bulan mengarungi banjir besar, diselamatkannya Nabi Yunus as dari ikan paus, Nabi Ayyub as sembuh dari penyakit yang dialaminya bertahun-tahun, serta Nabi Musa as selamat dari kejaran Fir'aun dan bala tentaranya setelah menyeberangi laut Merah.

7. Pahala Dilipatgandakan

Keutamaan Bulan Muharram berikutnya yakni amalan-amalan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. 

At-Thabari menyebutkan dalam tafsirnya bahwa bulan Muharram adalah bulan haram. Yaitu bulan yang dijadikan oleh Allah sebagai bulan yang suci lagi diagungkan kehormatannya. Di mana di dalamnya amalan-amalan yang baik akan dilipatgandakan pahalanya sedangkan amalan-amalan yang buruk akan dilipatgandakan dosanya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut