get app
inews
Aa Read Next : Daun Sirsak Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

Berdampak pada Kesehatan, ini Tanda-tanda Alami Over Work

Sabtu, 13 Juli 2024 | 12:13 WIB
header img
Kenali Tanda-Tanda Anda Mengalami Over Work (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pegawai kantoran mungkin merasakan over working alias kelebihan beban kerja. Ini merupakan kerap terjadi karena berbagai faktor.

Kelebihan beban kerja bisa berdampak negatif pada pegawai, sehingga kurang produktif. Padahal kelebihan beban kerja bisa berdampak negatif juga pada pegawai. 

Oleh karena itu, pemimpin perlu mengetahui beberapa indikator yang menjadi tanda adanya kelebihan beban kerja pada pegawai.  Berikut ini beberapa indikator tersebut.

1. Peningkatan stres

Beban kerja yang berlebih pada pegawai bisa ditandai dengan meningkatnya stres dan kejenuhan. Beban kerja yang berlebih seringkali menjadi penyebab munculnya stres pada pegawai. Oleh karena itu, saat pegawai banyak yang mengalami stres secara bersamaan, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh tingginya beban kerja dalam tugas yang ditangani.

2. Penurunan produktivitas

Penurunan produktivitas menjadi tanda yang sangat terlihat ketika pegawai kelebihan beban kerja. Adanya beban kerja yang berlebih membuat pegawai cenderung kurang produktif atau mengalami penurunan produktivitas. 

Mereka biasanya kesulitan dalam mengerjakan tugas karena banyaknya tanggung jawab yang dia pikul. Sangat dimungkinkan mereka tidak akan tuntas dalam menangani pekerjaan atau banyaknya kesalahan dalam bekerja.

3. Peningkatan keluhan kesehatan

Peningkatan keluhan kesehatan pada pegawai disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya  gaya hidup pegawai secara pribadi, pola makan atau adanya riwayat penyakit yang diderita. 

Namun banyak gangguan kesehatan yang diderita pegawai karena kelebihan beban kerja, seperti kelelahan kronis yang pada akhirnya menyulut timbulnya penyakit baru. 

Jika pada waktu yang bersamaan relatif banyak pegawai  yang menderita keluhan kesehatan, hal tersebut perlu dievaluasi apakah ada kelebihan beban kerja pada pegawai.

4. Meningkatnya konflik di lingkungan kerja

Merebaknya konflik dalam lingkungan kerja bisa menjadi tanda terdapat kelebihan beban kerja pada pegawai. Beban kerja berlebih membuat energi seseorang terkuras, kesehatan berkurang, kelelahan, bahkan berkurangnya kualitas hubungan antar pegawai. 

Kondisi tersebut pada akhirnya akan menyulut timbulnya konflik hubungan antar pegawai. Di sisi lain timbul pula konflik tugas karena pegawai dituntut untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang bersamaan.

5.Penurunan kreativitas

Berpikir kreatif membutuhkan kondisi lingkungan kerja yang tenang, adanya waktu luang dan energi yang mencukupi. Pegawai dengan kelebihan beban kerja cenderung menjadi kurang kreatif karena tidak adanya waktu luang untuk memikirkan sesuatu. 

Maka kelebihan beban kerja cendeung menyebabkan penurunan tingkat kreativitas dan inovasi pada pegawai. Bahkan  solusi kreatif dari pegawai tidak akan muncul ketika mereka menghadapi permasalahan tentang pekerjaan.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut