get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, Misa Agung Paus Fransiskus di GBK: Simak Jadwalnya dan Jangan Lupa Pakai Gelang Tiket

5 September, Paus Fransiskus Kunjungi Masjid Istiqlal, ini Rangkaian Kegiatannya

Minggu, 14 Juli 2024 | 19:31 WIB
header img
Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal pada 5 September. (Foto: Istimewa/Vatican Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Salah satu agenda Paus Fransiskus adalah mengunjungi Masjid Istiqlal pada 5 September 2024. Paus Fransiskus akan berada di Indonesia dari 3 hingga 6 September 2024.

Juru bicara Masjid Istiqlal, yang juga Kepala Bidang Riayah, Ismail Cawidu, mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut dijadwalkan pada pukul 09.00 hingga 10.00 WIB.

"Hanya satu jam. Dia berangkat dari kedutaan Vatikan dengan rombongan 150 orang, 10 orang media, selebihnya pendamping," kata Ismail Cawidu, Minggu (14/7/2024).

Sambutan Imam Besar

Rangkaian acara di Masjid Istiqlal akan dimulai dengan sambutan dari Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar, diikuti dengan sambutan dari Paus Fransiskus.

"Kemudian setelah itu pembacaan deklarasi kemanusiaan, foto-foto bersama, dan pemberian cinderamata," ucapnya.

Kunjungan ini akan dihadiri oleh para pemimpin agama dari berbagai kepercayaan di Indonesia, termasuk Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

"Para tokoh-tokoh organisasi keagamaan dari ketua pimpinan MUI, NU, Muhammadiyah, dan sebagainya. Menteri Agama kita undang di sana selaku ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal, jadi pertemuannya adalah pertemuan pemimpin-pemimpin agama," katanya.

Ismail Cawidu juga menjelaskan bahwa kunjungan ini berlangsung singkat karena keterbatasan kondisi Paus Fransiskus yang menggunakan kursi roda.

"Sesingkat itu saja karena rencananya kami mau beliau datang untuk berkeliling ke Masjid Istiqlal dan ke Terowongan Silaturahim, hubungan antara Istiqlal dengan Katedral. Tapi kabarnya kondisi beliau diperhitungkan karena pakai kursi roda jadi tidak bisa naik ke Istiqlal," tuturnya.

Selain Indonesia, pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu juga akan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Paus Fransiskus akan mengunjungi empat negara yang berada di kawasan Asia dan Oseania dalam waktu kurang dari dua minggu. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut