get app
inews
Aa Read Next : Waduh! Bacabup Maros Suhartina Bohari Didiskualifikasi Karena Tak Lolos Tes Kesehatan  

Bisa Snorkeling di Sungai, 6 Desa di Klaten Sayang Dilewatkan

Minggu, 21 Juli 2024 | 10:33 WIB
header img
6 Desa di Klaten Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Sungainya Jernih Bisa Snorkeling (Foto: Instagram @umbul_ponggok)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pesona keindahan alam yang ada di Klaten Jawa Tengah selalu menarik untuk dijelajahi. Pemandangan alam pegunungan, pantai, sejarah, budaya, air terjun, hingga candinya memiliki daya tarik berbeda.

Kali ini, jika memilih Klaten sebagai destinasi yang akan dikunjungi saat liburan, jangan lewatkan untuk singgah ke beberapa desa kecilnya. Desa-desa di sini memiliki pemandangan menakjubkan dijamin akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Penasaran, di mana saja desa-desa kecil di Klaten yang menarik untuk dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (20/7/2024).

Desa di Klaten 

1. Desa Janti

Desa di Klaten pertama yang bisa dikunjungi adalah Janti. Desa Janti secara administrasi terletak di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Secara geografis desa ini terletak di dataran rendah yang memiliki potensi mata air yang melimpah. Potensi mata air alami yang melimpah menjadikan desa ini memiliki berbagai potensi pariwisata yang berkaitan dengan tirta/air. Mata air yang berada di Desa Janti dimanfaatkan untuk berbagai lini kehidupan masyarakat. Tidak hanya untuk irigasi persawahan tetapi juga untuk budidaya perikanan, wisata air dan pemancingan.

Desa ini dikelilingi oleh sawah yang hijau dan pegunungan indah, memberikan pemandangan yang menenangkan dan cocok untuk berfoto. Berada di desa ini jangan lewatkan untuk singgah ke Kampung Air Kembang Soka. Merupakan wisata air yang menawarkan berbagai wahana air dan kolam renang alami. Desa Janti berlokasi di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

2. Desa Ponggok 

Desa Ponggok merupakan desa wisata yang berada di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten yang memiliki potensi alam berupa sumber mata air jernih, segar dan melimpah dengan Umbul Ponggok sebagai objek wisata andalan. Desa Ponggok memiliki beberapa objek wisata, antara lain Umbul Ponggok, Umbul Besuki, Umbul Sigedhang, dan Waduk Galau. 

Desa Ponggok terkenal dengan kolam alami yang airnya jernih dan segar. Pemandangan bawah airnya sangat indah dan menarik untuk snorkeling dan diving. Di sini juga terdapat Umbul Ponggok, tempat snorkeling dengan pemandangan bawah air menakjubkan, lengkap dengan sepeda bawah air, mobil bawah air, dan ikan-ikan yang indah. Desa Ponggok berlokasi di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

3. Desa Sidowayah

Desa ini memiliki lanskap perbukitan dan hamparan sawah yang luas. Tempat ini cocok untuk bersepeda santai dan menikmati keindahan alam pedesaan. Berada di sini jangan lewatkan untuk singgah ke Bukit Cinta, spot yang indah untuk menikmati matahari terbenam dan pemandangan alam dari ketinggian. Desa Sidowayah berlokasi di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

4. Desa Karanglo

Desa Karanglo merupakan desa yang makmur dengan tanah pertanian subur. Desa ini nyaman untuk tempat tinggal karena air bersih berlimpah, udara bersih dan tidak terlalu panas. Desa ini memiliki panorama sawah dan perbukitan yang menawan. Udara yang sejuk dan lingkungan yang asri menjadikan desa ini tempat yang ideal untuk beristirahat dari hiruk-pikuk kota. Jangan lewatkan untuk singgah ke Umbul Manten, yang menjadi sumber air alami yang segar, cocok untuk berenang dan bermain air. Desa Karanglo berlokasi di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

5. Desa Kebonarum

Dikelilingi oleh hamparan sawah hijau dan sungai yang mengalir, desa ini menawarkan pemandangan alam yang menenangkan. Berada di desa ini Anda harus merasakan kesejukan Air Terjun Grenjengan. Air terjun yang indah dengan air yang jernih dan segar, tempat yang cocok untuk berfoto dan bermain air. Desa Kebonarum berlokasi di Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

6. Desa Jimbung

Desa ini memiliki danau buatan yang luas dengan pemandangan indah, cocok untuk kegiatan memancing dan berperahu. Berada di desa ini harus singgah menikmati pemandangan Rowo Jombor, Danau buatan yang menawarkan pemandangan indah dan berbagai aktivitas air seperti memancing dan berperahu. Desa Jimbung berlokasi di Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Itulah desa di Klaten yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Dengan mengunjungi desa-desa ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam Klaten yang menawan dan merasakan suasana perdesaan yang autentik. Selamat berkunjung!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut