get app
inews
Aa Read Next : Suasana Mirip di Amsterdam, Sebuah Desa di Boyolali Layak Dikunjungi

Suasana Alam Mirip Lukisan, 5 Desa di Boyolali Layak Dikunjungi

Minggu, 21 Juli 2024 | 10:35 WIB
header img
5 Desa di Boyolali Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Alamnya Mirip Lukisan Bikin Damai (Foto: Instagram@arisulistyo5)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Keindahan alam yang ada di Boyolali sangat menarik untuk dijelajahi. Kabupaten yang berlokasi di Jawa Tengah ini dikenal sebagai "Kota Susu" karena produksi susu sapinya yang melimpah. 

Kabupaten ini berbatasan dengan beberapa kabupaten lain, seperti Klaten, Magelang, Semarang, dan Kota Surakarta (Solo). Boyolali menawarkan berbagai keindahan alam, terutama di area pegunungan, seperti lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pemandangan di sana sangat menakjubkan layaknya lukisan alam yang bikin damai.

Di balik pesona alamnya yang menakjubkan, Boyolali juga memiliki desa-desa cantik yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Desa-desa itu dijamin akan membuat siapa saja yang datang betah untuk berlama-lama. Penasaran, di mana saja desa tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (18/7/2025).

Desa di Boyolali

1. Desa Samiran

Desa Samiran terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa ini terkenal karena pemandangan alamnya yang indah dan kesejukan udaranya, karena berada di lereng Gunung Merapi. Desa ini memiliki pemandangan Gunung Merapi yang megah, menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Desa Samiran berada di ketinggian, udaranya sangat segar dan sejuk, cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan. Desa ini memiliki suasana yang tenang dan asri, dengan pemandangan sawah dan kebun yang menghijau. Samiran juga terkenal dengan agrowisata dan kebun stroberi. Desa Samiran berlokasi di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

2. Desa Cepogo

Desa Cepogo terletak 16 km arah barat daya dari pusat Kota Boyolali. Waktu yang diperlukan untuk mencapai desa ini sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi. Akses menuju Desa Cepogo melalui jalan berliku dengan kondisi baik dan sudah beraspal. Desa Cepogo dikenal dengan kerajinan tembaga dan kuningannya. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan kerajinan secara langsung dan membeli produk lokal. Pemandangan pegunungan dan sawah yang hijau menambah daya tarik desa ini. Desa Cepogo berlokasi di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

3. Desa Tlogolele

Selanjutnya ada Desa Tlogolele yang mendapatkan julukan sebagai desa tertinggi di Boyolali, karena lokasinya berada di kaki Gunung Merapi dan menawarkan pemandangan alam menakjubkan serta spot-spot foto yang indah. Terdapat banyak jalur trekking bagi penggemar hiking. Desa ini berjarak hanya 3,5 kilometer dari puncak Gunung Merapi di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Desa Tlogolele berlokasi di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

4. Desa Kiringan

Desa Kiringan secara turun-temurun dikenal sebagai desa penghasil produk jamu. Potensi sumber daya terbesar desa ini adalah jamu tradisional. Sudah sejak dulu warga masyarakat mulai menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di pekarangan rumah mereka. Selain itu, Desa Kiringan juga terkenal dengan festival "Sambut" yang menampilkan berbagai kesenian tradisional. Lanskap desa yang asri dengan hamparan sawah luas memberikan suasana tenang dan damai. Desa ini berlokasi di Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

5. Desa Kebonan

Desa ini menawarkan pemandangan sungai yang jernih dan air terjun kecil yang indah. Cocok untuk wisata alam dan petualangan ringan. Keasrian alamnya membuat desa ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat. Desa Kebonan berlokasi di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Itulah seputar desa di Boyolali yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Desa-desa ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga pengalaman budaya yang kaya, membuat Boyolali menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut