get app
inews
Aa Read Next : SUV Listrik Acura ZDX Siap Diluncurkan, Gandeng Honda dan GM

Polling Pilpres AS 2024: Kamala Harris Ungguli Trump

Rabu, 24 Juli 2024 | 10:54 WIB
header img
Kandidat calon Presiden Amerika, Kamala Harris. (Antara/iNews)

WASHINGTON, iNews.Serpong.id - Reuters/Ipsos melakukan polling setelah pengunduran diri Joe Biden dari pencalonan Presiden Amerika 2024. Biden mendorong wakilnya, Kamala Harris sebagai penggantinya.

Hasil polling yang dirilis Selasa (23/7/2024) mengungkapkan, Harris unggul atas Trump dengan selisih suara 2 persen. Sebanyak 44 persen responden mendukung Harris, Trump 42 persen. 

Naiknya Harris ternyata mendongkrak dukungan capres Partai Demokrat karena berdasarkan hasil polling yang sama pekan lalu, suara Joe Biden tertinggal 2 persen dari Trump. Polling saat itu digelar sebelum Biden mengumumkan mundur.

Meski demikian hasil tersebut masih sangat kompetitif dan hasil di lapangan bisa saja berbalik untuk kemenangan Trump. Polling dilakukan melibatkan 802 responden dengan margin of error plus-minus 3 persen. 

Ini merupakan salah satu polling pertama yang dilakukan sejak Harris setuju untuk menggantikan Biden menghadapi Trump. Pilpres AS 2024 akan digelar pada 5 November mendatang.

Biden mundur dari pencalonan, momen langka dilakukan seorang kandidat presiden AS menjelang pilpres, setelah derasnya desakan dari internal Partai Demokrat. Kejadian serupa berlangsung 50 tahun lebih lalu.

Pria 81 tahun itu menjadi sorotan setelah debat perdana Pilpres AS pada 27 Juni. Biden tampak kesulitan menjelaskan ide-idenya dalam acara yang disiarkan langsung di televisi itu. Penampilannya yang buruk memicu keraguan dari banyak pihak soal kemampuannya melanjutkan periode kedua kepemimpinan AS. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut