get app
inews
Aa Read Next : Tanggapi Film Dirty Vote, Wapres Kiai Ma’ruf Amin: Dinamika Politik Kita 

Wapres: Ironis, Indonesia Impor Cabai

Kamis, 08 Agustus 2024 | 14:36 WIB
header img
Aktivitas pedagang cabai di Pasar Sunggingan Baru Boyolali. (Tata Rahmanta)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapat laporan cabai saja kita impor dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Wapres menyatakan kecewa mendengar jabar tersebut. “Ini ironis kalau cabai saja kita impor,” ujar dia saat Meresmikan Pembukaan Gemar Rempah Nusantara Tahun 2024 di Ballroom Pondok Indah Golf, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024). 

Ma’ruf Amin menegaskan, rempah komoditas kebanggaan Indonesia sejak dulu. Oleh karena itu, ia meminta upaya revitalisasi jalur rempah Nusantara dapat kembali membangkitkan kejayaan masa lalu Indonesia dalam perdagangan rempah dunia. 

"Inilah yang menjadi tujuan Gerakan Gemar Rempah Nusantara yang akan diresmikan hari ini, membangkitkan kejayaan masa lalu melalui revitalisasi jalur rempah yang akan membuat rempah tidak hanya sebagai produk unggulan, tetapi juga sebagai bagian dari diplomasi budaya Indonesia," tuturnya.

Oleh karena itu, kata Wapres, peningkatan produktivitas dan ekspor rempah menjadi salah satu prioritas utama pemerintah. Menurutnya, seluruh pemangku kepentingan rempah saat ini terus berupaya untuk memajukan industri rempah nasional. 

"Dukungan pemerintah juga difokuskan kepada peningkatan kualitas rempah, inovasi praktik bertani, pengembangan sumber daya manusia, hingga diplomasi terkait regulasi pasar global," ucap Ma’ruf Amin. “Berbagai upaya ini diharapkan dapat mendorong pengembangan industri rempah, khususnya produksi dan ekspor, sehingga pada akhirnya berdampak langsung bagi peningkatan kesejahteraan petani rempah.” (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut