get app
inews
Aa Read Next : Baterai Mobil Listrik Kapan Harus Diganti? Perhatikan Indikasinya

Strategi Honda Menghadapi Persaingan Motor Listrik Murah dari China di Indonesia

Rabu, 02 Oktober 2024 | 05:00 WIB
header img
Motor listrik dari China terus berdatangan dengan berbagai model dan harga yang lebih terjangkau. Ini adalah strategi Honda untuk merespons tantangan tersebut. (Foto: Honda)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dengan dorongan pemerintah untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, banyak merek otomotif baru bermunculan di Indonesia.

Motor listrik asal China kini menawarkan beragam model dengan harga yang lebih bersahabat, termasuk skuter listrik yang dijual di bawah Rp10 juta. Lalu, bagaimana langkah Honda dalam menghadapi persaingan ini?

PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa mereka tidak merasa tertekan. Honda berfokus pada pengembangan motor listrik yang mengutamakan kualitas daripada hanya menawarkan harga rendah dengan material yang kurang baik.

Miliki Keunggulan Tersendiri

"Kami tidak ingin menjual produk sembarangan. EM1 memiliki keunggulan dalam hal kualitas build, merek, dan layanan purna jual. Tahun ini, kami menargetkan lebih dari 1.000 e:Shop," kata General Manager (GM) Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Honda menjadi salah satu merek sepeda motor besar yang pertama kali menjual motor listrik di Indonesia dengan dua model: EM1 e: dan EM1 e: Plus, yang dihargai antara Rp33 juta hingga Rp33,5 juta setelah termasuk subsidi pemerintah sebesar Rp7 juta.

Muhibbuddin menegaskan bahwa Honda sangat memperhatikan ekosistem kendaraan listrik untuk memberi kenyamanan bagi konsumen. Oleh karena itu, mereka tidak hanya fokus pada harga, tapi juga memperhatikan semua aspek dalam pemasaran motor listrik.

"Dari sini terlihat bahwa AHM sangat memperhatikan segmen kendaraan listrik. Kami siap dengan produk, unit, serta layanan purna jual. Semoga saat pasar berkembang dan permintaan meningkat, kami sudah siap," ujarnya.

Tahun ini, Honda juga berencana untuk meluncurkan model motor listrik baru, meskipun rincian mengenai model tersebut belum diungkapkan. "Kami segera menyiapkan model baru. Dalam waktu dekat, kami akan memberikan informasi lebih lanjut.

Rencananya akan diluncurkan pada semester kedua untuk melengkapi pilihan selain EM1. Yang pasti, ini akan menjadi tambahan pilihan bagi konsumen yang mencari motor listrik dari Honda," tambahnya. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut