get app
inews
Aa Read Next : Wajib Diperhatikan, Cara Tanda Tangan di Atas Meterai Tempel CPNS 2024

Sistem Pembelian E-Materai Eror, BKN: Periode Pendaftaran CPNS 2024 Belum Ada Informasi Diundur

Rabu, 04 September 2024 | 19:00 WIB
header img
Penutupan masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, CPNS 2024 sudah semakin dekat dengan batas akhir Jumat (6/9) mendatang. (foto:dok. iNews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Penutupan masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, CPNS 2024 sudah semakin dekat dengan batas akhir Jumat (6/9) mendatang. Namun, para pelamar CPNS mengalami kendala dalam sistem pembelian e-materai yang eror sebagai syarat kelengkapan dokumen pendaftaran dalam sistem SSCASN Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menanggapi hal itu, Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama mengatakan terkait kendala e-materai merupakan kewenangan dari Peruri.

"Perihal kendala e-meterai silakan berkorespondensi dengan Peruri," kata Vino saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Rabu (4/9/2024).

Vino pun belum mengetahui apakah BKN akan mengundur batas waktu pendaftaran CPNS 2024 atas kendala yang terjadi. Sebab, pelamar CPNS diwajibkan membubuhkan e-materai tidak bisa dengan materai fisik asli.

"Sedangkan periode pendaftaran, hingga saat ini belum ada informasi apakah akan diundur," ucapnya.

Vino pun enggan menjawab solusi atas permasalah yang dihadapi pelamar CPNS 2024 tersebut. 

Website sistem meterai elektronik Perum Peruri mengalami eror sejak kemarin hingga pagi ini. Alhasil ribuan warganet menggeruduk media sosial Peruri baik Instagram dan X.

Diketahui meterai elektronik atau e-meterai merupakan bagian dari proses pendaftaran peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

Ketidaksiapan sistem dalam proses rekrutmen CPNS ini membuat warganet marah. Terlebih, batas akhir pendaftaran adalah pada 6 September 2024.

"Rakyat di paksa digital, sistemnya sendiri belum siap. LAWAK!," tulis akun Instagram @bimatejakusuma dalam komentarnya di postingan Instagram @peruri.indonesia, Rabu (4/9/2024).

Dikonfirmasi terpisah, Sandi mengakui dirinya mengalami kesulitan dalam mengakses E-Meterai di website Peruri sejak Selasa 3 September 2024.

"Benar, saya gak bisa nih akses website utama e-meterai Peruri sama belasan mitranya, error dan gak tersedia e-meterainya," kata Sandi kepada MNC Portal, Rabu (4/9/2024).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut