get app
inews
Aa Read Next : Selalu Bikin Merinding, ini 5 Tempat Paling Angker di Jakarta

Jakarta Salah Satu Kota Di Dunia Sangat Rentan Tenggelam

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:39 WIB
header img
Perkantoran di Jakarta. (iNews.id)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Jakarta satu dari lima kota di dunia sangat rentan tenggelam akibat pemanasan global yang membuat permukaan laut naik. Fenomena alam ini menjadi salah satu yang mengkhawatirkan—seperti dikutip dari Interesting Engineering, Selasa (1/3/2022).

Menurut penelitian yang disebut "Kota Tenggelam" oleh Dr. Katherine Kramer, kota paling cepat tenggelam di seluruh dunia adalah Jakarta di Indonesia. Sampai saat ini, sekitar 40 persen wilayah dari kota Jakarta telah mengalami penurunan muka tanah dengan kecepatan 25 cm per tahun.

Pasalnya, Jakarta tidak memiliki jaringan air perpipaan yang andal.  Selain itu, banyak juga penduduk kota yang membangun serta menggunakan sumur air pribadi secara tak teratur. Ini dapat menyebabkan akuifer bawah tanah menjadi terkuras.

Di samping itu, ada juga dua faktor yang membuat kota Tanah Air ini cepat tenggelam. Kedua faktor itu adalah hujan lebat yang secara teratur membanjiri lingkungan kota dan pembangunan gedung yang merusak fondasi kota.

Kota lainnya yang terancam tenggelam oleh air laut yakni Shanghai, China, Kota Meksiko, Meksiko, Bangkok, Thailand, dan Venesia, Italia. Venesia tenggelam sekitar 1 hingga 2 mm per tahun. Terkenal karena saluran airnya yang luas dan sejarah romantisnya, kota ini dibangun di laguna berlumpur dengan pondasi yang tidak memadai. Hal ini menyebabkan tanah di bawah kota menjadi padat dari waktu ke waktu. Dikombinasikan dengan kenaikan permukaan laut secara bertahap dari waktu ke waktu, kota ini perlahan-lahan akan direklamasi oleh alam. (*)

 

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut