get app
inews
Aa Read Next : Hakim Vonis Syahrul Yasin Limpo 10 Tahun Penjara, Kasus Gratifikasi di Kementan

Nebeng atau Gratifikasi? Ini 7 Fakta Klarifikasi Kaesang ke KPK soal Jet Pribadi

Rabu, 18 September 2024 | 05:31 WIB
header img
Kaesang Pangarep memberikan klarifikasi kepada KPK terkait penggunaan pesawat jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika Serikat. (Foto: MPI)  

4.   KPK Menganalisis Laporan Kaesang
Juru bicara KPK, Tessa Mahardhika, menjelaskan bahwa Kaesang datang untuk melaporkan dugaan gratifikasi. "Betul, saudara K datang ke Gedung KPK untuk pelaporan gratifikasi," kata Tessa. Direktorat Gratifikasi KPK akan menganalisis klarifikasi yang diberikan oleh Kaesang.

5.   Identitas Teman yang Memberi Tumpangan
KPK mengungkapkan bahwa sosok teman Kaesang yang memberikan tumpangan jet pribadi memiliki inisial 'Y'. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, menjelaskan bahwa mereka masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai sosok tersebut.

6.   Biaya Sewa Jet Pribadi
Pahala menyebutkan bahwa Kaesang terbang dengan jet pribadi bersama istrinya, kakak istrinya, dan seorang staf. Biaya satu penumpang diperkirakan sekitar Rp90 juta. "Jadi, total biaya untuk berempat kira-kira Rp360 juta," katanya.

7.   Peluang Klarifikasi Jokowi
Pahala juga berbicara tentang kemungkinan meminta klarifikasi dari Presiden Jokowi mengenai jet pribadi Kaesang. "Kemungkinan ada, bisa jadi iya, bisa jadi tidak. Tapi kami tidak berspekulasi, kita lihat saja," ujarnya. Ia mencatat bahwa Kaesang melapor sebagai anak dari penyelenggara negara.

Demikianlah informasi mengenai klarifikasi Kaesang Pangarep ke KPK terkait penggunaan jet pribadi. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut