get app
inews
Aa Read Next : Kaki-kaki Mobil Harus Diperiksa Supaya Mudik Lebaran Lancar di Jalan

Bila Seorang Anak Dinyatakan Paliatif, Apakah Berarti Usianya Tidak Panjang Lagi?

Senin, 07 Maret 2022 | 07:49 WIB
header img
Paliatif dimulai sejak seorang anak didiagnosis penyakitnya dan dilanjutkan selama pengobatan maupun ketika pengobatan sudah tidak dilakukan lagi.  (Foto/Ilustrasi : iNewsSerpong)


Anda bertanya, dokter Menjawab. (Foto : iNewsSerpong)

TANYA - JAWAB

1.    Apa yang terjadi kalau ada anak yang kankernya tidak sembuh?

Seorang anak yang terkena kanker bisa tidak respon terhadap pengobatan karena memang datang ke fasilitas kesehatan sudah dalam keadaan stadium atau kondisi yang sudah lanjut. Atau sebenarnya sudah benar datang dalam stadium atau kondisi yang masih awal, namun tidak segera diobati.

Ada juga anak yang sudah datang dalam stadium atau kondisi yang masih awal, sudah diobati secara benar, tapi tetap saja tidak memberi respon pengobatan yang diharapkan.

Kalau keadaannya seperti ini, orang tua jangan pernah berpikir bahwa dokter akan lepas tangan.  Dokter akan terus menangani anak ini, namun dengan tujuan yang bukan lagi untuk penyembuhan, tetapi untuk bagaimana caranya anak ini memiliki kualitas hidup yang baik, selama Tuhan masih mempercayakan napas kehidupan kepadanya. Pelayanan kesehatan yang berrfokus pada kualitas hidup manusia disebut pelayanan paliatif.

2.    Apa definisi pelayanan paliatif anak?

Badan Kesehatan Dunia mendefinisikan pelayanan paliatif anak sebagai pelayanan yang aktif, total (tubuh, jiwa, dan spiritual), dan terlibat dalam memberi dukungan kepada keluarga. Paliatif dimulai sejak seorang anak didiagnosis penyakitnya dan dilanjutkan selama pengobatan maupun ketika pengobatan sudah tidak dilakukan lagi.


Pelayanan paliatif , supaya lebih efektif, dibutuhkan pendekatan multidisiplin yang melibatkan keluarga dan komunitas yang ada di tengah masyarakat. (Foto/Ilustrasi : Okezone)

Pelaku paliatif diharapkan dapat mengevaluasi dan meringankan beban fisik, psikologis, dan sosial. Pelayanan paliatif supaya lebih efektif, dibutuhkan pendekatan multidisiplin yang melibatkan keluarga dan komunitas yang ada di tengah masyarakat, sehingga paliatif dapat dilakukan di mana saja, termasuk di tempat-tempat dengan sumber daya yang terbatas.

Pelayanan ini dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tertier, pusat kesehatan masyarakat, bahkan di rumah.Perlu ditambahkan keterangan bahwa pelayanan paliatif meliputi tata laksana gejala dan tata laksana akhir kehidupan.

3.    Ketika seorang anak dinyatakan paliatif, apakah berarti sebentar lagi dia akan meninggal?

Hidup mati seorang anak ada di tangan Tuhan, bukan di tangan dokter yang adalah manusia biasa. Pernah ada seorang anak yang masih diberi Tuhan kehidupan hingga satu setengah tahun sejak dinyatakan paliatif.

Namun, ada juga yang hari ini dinyatakan paliatif, tidak lama kemudian atau besok sudah meninggal. Tidak pernah ada yang tahu tentang rahasia kehidupan manusia.

Oleh karena itu, sekalipun anak sudah dinyatakan paliatif, tetapi Tuhan masih mempercayakan napas kehidupan kepadanya, pastikan ia memiliki kualitas hidup yang baik sampai waktunya Tuhan tiba. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut