get app
inews
Aa Read Next : Kue Lidah Kucing Premium Anti Gagal, Pakai Nutella Makin Enak

6 Penyakit Wajib Diwaspadai Pengendara saat Mudik Lebaran

Sabtu, 23 Maret 2024 | 05:50 WIB
header img
Pengemudi dan penumpang dituntut memiliki kondisi fisik prima jangan sampai pemudik mengalami sakit saat di perjalanan. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Diperkirakan jumlah pemudik Lebaran tahun 2024 akan meningkat, sehingga mempersiapkan perjalanan mudik dengan matang adalah sebuah keharusan bagi masyarakat.

Selain memastikan keamanan kendaraan, menjaga kondisi fisik tak kalah penting untuk kenyamanan selama perjalanan.

Fisik yang Prima

Pengemudi dan penumpang harus dalam kondisi fisik yang prima agar tidak mengalami masalah kesehatan saat dalam perjalanan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang harus diwaspadai saat mudik menggunakan kendaraan pribadi, seperti dilansir oleh Auto2000:

  1. Gangguan Pencernaan: Perhatikan makanan yang dikonsumsi serta penyakit bawaan seperti maag. Jangan sampai perut terasa sakit, perih, atau mual. Bagi yang memiliki penyakit, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum berangkat. Pastikan juga membawa obat-obatan pribadi untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul di perjalanan.
  2. Sakit Kepala: Jangan abaikan sakit kepala, meskipun terasa ringan. Ini bisa menjadi lebih parah, terutama jika pengemudi kelelahan saat mudik. Konsentrasi akan terganggu dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Jika mengalami sakit kepala, segera hentikan mobil, minum obat pereda sakit kepala, dan beristirahat sejenak.
  3. Kram Otot: Kram otot di kaki sering dialami saat berkendara, terutama karena posisi mengemudi yang kurang ergonomis. Jika mengalami kondisi ini, segera menepi, hentikan aktivitas mengemudi, dan lakukan peregangan untuk melemaskan otot. Pijat halus dan berikan krim pada otot yang kram jika diperlukan.
  4. Iritasi Mata: Debu di jalan dapat menyebabkan iritasi mata. Selalu sediakan obat tetes mata di dalam mobil sebagai pertolongan pertama. Gunakan air bersih untuk membersihkan mata dan hilangkan debu. Jika lelah, istirahatkan mata sejenak.
  5. Nyeri Sendi: Nyeri sendi, terutama pada jari yang kontak dengan kemudi, dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Hindari makanan pemicu penyakit sebelum perjalanan jika memiliki penyakit asam urat atau reumatik. Minum obat pereda nyeri sebelum berangkat untuk menghindari mengantuk di jalan.
  6. Flu: Penyakit flu dapat mudah menular di ruang tertutup seperti dalam kabin mobil. Jika terserang flu, segera beristirahat dan meredakan gejalanya. Jangan paksakan untuk mengemudi jika flu sangat berat, minta bantuan dari anggota keluarga sebagai sopir pengganti. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Waspada, Ini Penyakit yang Kerap Menyerang saat Mudik ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/waspada-ini-penyakit-yang-kerap-menyerang-saat-mudik/2.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut