get app
inews
Aa Read Next : Gaji Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Tembus Ratusan Juta Rupiah per Bulan

Berikut Alasan Jokowi Tunjuk Bambang Susantono Sebagai Kepala Otorita IKN

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:07 WIB
header img
Ini Alasan Jokowi Tunjuk Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN (FOTO: MNC media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini direncanakan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis Sore (10/3/2022) di Istana Negara.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala IKN mendampingi Bambang Soesantono. Berikut alasan Jokowi menunjuk keduanya memimpin IKN, seperti diungkapkan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong. Ia mengatakan bahwa terpilihnya Bambang dan Dhony menjadi kombinasi yang sangat baik untuk memimpin IKN.

"Kalau lihat pengalamannya, mereka kombinasi yang cukup baik dari segi profesionalisme," ujar Wandy kepada wartawan, Kamis (10/3/2022).

Wandy menjelaskan bahwa Bambang memiliki keahlian di bidang transportasi, infrastruktur dan perhubungan. Serta mempunyai pengalaman di bidang manajemen dan lembaga internasional dan di pemerintahan. "Untuk Pak Donny, dia punya pengalaman dalam pengelolaan BSD. Kota satelit, yang boleh dibilang cukup sukses," jelasnya.

Meski Presiden Joko Widodo sempat menyebut bahwa sosok Kepala dan Wakil IKN pernah memimpin daerah, namun menurut Wandy kriteria tersebut ada pada figur Bambang dan Dhony.

"Kalau saya melihat itu bisa diartikan pengalaman kepemimpinan. Jangan lupa ini ada aspek pembangunan fisiknya juga. Kalau Pak Bambang kan punya pengalaman di kementerian atau pemerintahan. Menurut saya cukup sulit mencari sosok komplit seperti beliau," jelasnya.

Sebelumnya,  Presiden Joko Widodo bakal melantik Bambang dan Dhony sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara pada sore hari ini. Selain itu juga dibarengi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan.

Adapun yang akan dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023 adalah Andi Sudirman Sulaiman.

"Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” ucap Kepala Sekeretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya, Kamis (10/3/2022).

Heru juga menyampaikan bahwa acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan,” ucap Heru.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut