get app
inews
Aa Read Next : Ini Reaksi Elon Musk, Tesla Model 3 Dipakai dalam Adegan Kiamat di Netflix  

Inilah 5 Series Netflix dengan Pendapatan Terbesar, Squid Game Nomor 1 Dengan Penghasilan Rp12,8 T

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:53 WIB
header img
Inilah 5 Series Netflix dengan Pendapatan Terbesar, Squid Game Nomor 1. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id  – Pandemi ternyata membawa berkah tersendiri bagi Netflix, layanan streaming berbasis langganan. Bayangkan pendapatan pertahunnya mencapai Rp346 triliun

Ada sederet series netflix dengan pendapatan terbesar yang sukses mencatatkan situs streaming film ini pada pencapaian baru. Netflix berhasil mengalami pertumbuhan yang sangat spektakuler sejak awal 2020. 

Berdasarkan laporan pendapatannya, Netflix berhasil menambahkan sebanyak 8,5 juta pelanggan bersih berbayar di kuartal IV/2020 dan membawa rekor 37 juta keanggotaan berbayar sepanjang 2020. 

Karena hal itu, Netflix berhasil mengantongi pendapatan mencapai angka USD25 miliar atau setara dengan Rp346 triliun per tahunnya. Angka ini sangat fantastis dibanding pendapatan Netflix di beberapa tahun sebelumnya. 

Lalu, series apa saja yang yang berhasil meraup pendapatan besar di Netflix? Yuk, simak ulasan mengenai 5 series Netflix dengan pendapatan terbesar berikut ini!

5 Series Netflix dengan Pendapatan Terbesar

 

5. Money Heist (La Casa de Papel)

Money Heist atau La Casa De Papel merupakan series Netflix yang sangat populer di tahun 2020. Series ini berasal dari Spanyol dan merupakan garapan Alex Pinna yang tayang perdana di Netflix pada 20 Desember 2017 lalu. Musim keempat serial ini telah tayang pada 3 April 2020 dan menjadi musim terpopuler yang berhasil meraih 65 juta penonton. 

Sementara itu, musim kelima dengan penayangan volume 1 pada 3 September 2021 dan volume 2 tayang pada 3 Desember 2021, berhasil meraih sebanyak 69 juta penonton. 

Total biaya produksi dari serial ini belum diungkapkan. Namun, melihat gaji per episode dari karakter utama series ini, bisa disimpulkan bahwa biaya produksi series ini tidak main-main. Gaji karakter utama dari series ini mencapai USD1,035 juta atau setara dengan Rp14,8 miliar per episode.

4. Stranger Things

Stranger Things merupakan serial bergenre science-fiction yang diproduksi Netflix. Serial ini pertama kali tayang 15 Juli 2016. Satu tahun berikutnya, Netflix menayangkan musim kedua pada Oktober 2017. Sementara itu, musim ketiga serial ini tayang pada Juli 2019 dan musim keempat tayang tahun 2022 ini. 

Stranger things menceritakan kisah sekelompok orang yang berusaha mengungkap misteri di Kota Hawkins. Upaya ini melibatkan eksperimen untuk melakukan uji coba dan menciptakan portal ke dunia lain. 

Stranger Things menjadi salah satu series netflix dengan pendapatan terbesar yang berhasil meraih 64 juta penonton. 

Netflix benar-benar menginvestasikan banyak biaya untuk memproduksi series ini. Netflix bahkan membeli iklan Super Bowl pertamanya untuk mempromosikan musim kedua series ini. Tak cukup sampai disitu, Netflix juga membuat merchandise dari series ini seperti kaos, boneka, dan game seluler Stranger Things.

3. The Witcher

The Witcher merupakan series Netflix yang berkisah tentang Geralt, seorang pemburu monster yang bermutasi. Ia  berusaha untuk menemukan tempat di dunia manusia. Namun, pada kenyataannya ia justru menemukan orang-orang yang lebih jahat dibanding binatang di dunia manusia ini.

Series ini menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Dikabarkan bahwa seluruh biaya produksi untuk musim 1 The Witcher mencapai USD70-80 Juta atau setara dengan Rp998 miliar. Biaya per episode untuk series ini dilaporkan sebesar USD10 juta atau setara dengan Rp143 miliar. Henry Cavill bahkan bisa mendapatkan USD400.000 atau setara dengan Rp5,7 miliar sebagai gaji untuk setiap episode. 

The Witcher berhasil menjadi salah satu series Netflix dengan pendapatan terbesar yang berhasil mengantarkan Netflix meraih peningkatan pendapatan sebesar USD133,9 juta atau setara dengan Rp1,91 triliun dibandingkan dengan pendapatan tahun sebelumnya.

2. Bridgerton

Bridgerton berhasil membawa sejarah baru bagi Netflix karena dapat menyumbang sebanyak 82 juta penonton sepanjang serial ini ditayangkan di Netflix. 

Series ini merupakan adaptasi novel roman karya penulis terlaris Amerika Serikat, Julia Quinn. Serial yang tayang perdana pada 25 Desember 2020 ini menceritakan kisah keluarga aristokrat Bridgerton yang terdiri dari sang ibu, yakni Dowager Viscountess Bridgerton (Ruth Gemmell), dan delapan anaknya.

Series ini berlatar pada tahun 1813 dengan fokus musim pertama series ini pada anak ketiga keluarga Bridgerton, yakni Daphne (Phoebe Dynevor). The Bridgerton menghabiskan biaya produksi hingga USD100 juta atau setara dengan Rp1,43 triliun. 

Dengan biaya produksi yang terbilang mahal ini, rupanya Bridgeton berhasil memperoleh keuntungan yang besar. Serial ini dikabarkan berhasil meningkatkan Pendapatan Netflix UK pada tahun 2020. Untuk di wilayah Inggris saja, series ini berhasil memberikan pendapatan kepada Netflix sebesar USD239 juta atau setara dengan Rp3,41 triliun. Pendapatan ini belum termasuk penayangan total di negara lainnya. 

1. Squid Game

Di posisi puncak series Netflix dengan pendapatan terbesar ditempati oleh Squid Game. Squid Game dianggap sebagai series Netflix terbesar yang pernah ada karena berhasil membawa 142 juta penonton hanya setelah empat minggu perilisannya.  Prestasi ini sangat membanggakan, karena bisa membuat penonton global semakin tertarik pada film maupun drama dari Korea Selatan.

Squid Game mengisahkan tentang sekelompok orang yang terpaksa mengikuti sebuah permainan dengan taruhan nyawa untuk mendapatkan sejumlah uang untuk melunasi hutang-hutang mereka. Series ini berhasil menarik minat penonton karena menyampaikan isu yang sarkastik dalam balutan cerita yang unik. 

Series ini dikabarkan mendapatkan penghasilan sebesar USD900 juta atau setara dengan Rp12,8 triliun. Netflix tentu mendapatkan keuntungan besar dari series ini karena biaya produksi yang dikeluarkannya hanya USD21,4 juta atau setara dengan Rp305 miliar. Squid 
Game juga merupakan bagian dari investasi Netflix senilai USD500 juta atau setara dengan Rp7,13 trilliun untuk memproduksi TV dan Film di Korea Selatan tahun ini.

Itulah 5 series Netflix dengan pendapatan terbesar yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Kira-kira, apa series favorit Anda?

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut