JAKARTA, iNewsSerpong.id -- Untuk menghadapi Yamaha Nmax Turbo, PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan New Honda PCX 160 dengan berbagai perubahan, mulai dari desain hingga penambahan fitur.
President Director PT AHM, Susumu Mitsuishi, menjelaskan bahwa konsumen menginginkan skuter matik yang mengedepankan kenyamanan berkendara, serta kemewahan dan kecanggihan yang memberi kebanggaan saat dikendarai.
"Model terbaru ini dilengkapi beragam teknologi terkini, semakin nyaman dikendarai di berbagai situasi, baik perkotaan maupun perjalanan jauh. Perubahan desain yang menyeluruh diharapkan dapat memberikan kebanggaan lebih bagi pecinta skutik premium di Indonesia," ungkap Mitsuishi.
Perbandingan Honda PCX 160 terbaru dan Yamaha Nmax Turbo.
New Honda PCX 160
New Honda PCX 160 mengalami perubahan signifikan pada desain yang kini lebih sporty dan elegan. Tampilannya yang minimalis memancarkan kesan mewah, dengan penggunaan lampu LED, handlebar cover, dan desain lampu depan serta belakang yang menarik.
Inovasi terbaru pada New Honda PCX 160 adalah tipe RoadSync, yang berfokus pada memberikan pengalaman berkendara yang premium, berkelas, dan nyaman. Motor ini kini dilengkapi dengan fitur Smartphone Connection, yaitu Honda Roadsync, yang menawarkan fungsi navigasi, telepon, musik, pesan, hingga perintah suara.
Fitur eksklusif lainnya yang tersemat pada New Honda PCX 160 meliputi Pass Beam Switch pada handlebar, TFT Panel Meter 5 inci dengan dua mode (day dan night), serta Subtank Rear Suspension.
Untuk performa, New Honda PCX 160 mengadopsi mesin berkapasitas 160 cc dengan 4 katup dan enhanced Smart Power plus (eSP+) yang berpendingin cairan, mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Keamanan juga diperhatikan dengan adanya Honda Smart Key System dilengkapi Anti-Theft Alarm dan Answer Back System pada semua tipe. Selain itu, kapasitas bagasi kini sebesar 30 liter dengan tangki bahan bakar 8,1 liter.
Yamaha Nmax Turbo
Di sisi lain, Yamaha Nmax Turbo hadir dengan desain yang gagah. Sistem pencahayaan depan menggunakan full LED dengan dukungan dual projector untuk penerangan yang lebih fokus. Lampu full LED juga tersemat pada bagian belakang.
Aura modern Nmax Turbo terlihat dari layar Multi-Infotainment Display yang menampilkan beragam informasi mengenai motor dan dapat dioperasikan menggunakan joystick ergonomis di setang kemudi.
Dari segi performa, Yamaha Nmax Turbo menggunakan mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru. Pembaruan pada sektor jantung pacu ini membuat Nmax Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm.
Nmax Turbo dilengkapi dengan teknologi canggih YECVT, yang menggantikan sistem CVT konvensional, serta fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara: T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).
Secara keseluruhan, Honda PCX 160 terbaru memiliki tenaga 0,5 kW lebih tinggi dan torsi 0,5 Nm lebih besar dibandingkan dengan Yamaha Nmax Turbo.
Perbandingan Harga
Untuk harga, New Honda PCX 160 tersedia dalam tiga tipe: CBS seharga Rp33.750.000, tipe ABS Rp37.350.000, dan tipe RoadSync Rp40.350.000 on the road (OTR) Jakarta.
Sementara itu, Yamaha Nmax terbaru menawarkan lebih banyak varian, yaitu: Nmax Neo dengan harga Rp32.855.000, Neo S Version Rp33.855.000, Nmax Turbo Rp37.905.000, Nmax Turbo Techmax Rp43.405.000, dan Nmax Turbo Techmax Ultimate Rp45.405.000 OTR Jakarta.
Dengan begitu, pilihan antara Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax Turbo sangat bergantung pada preferensi masing-masing pengendara. Keduanya menawarkan teknologi dan fitur yang menarik di segmen skuter matik. (*)
Editor : Syahrir Rasyid