get app
inews
Aa Read Next : Presiden Rusia Masa Bodoh dengan Suara Pemegang Saham dari Negara Tak Ramah

Jenderal Ketiga Rusia Tewas Oleh Pasukan Elite Ukraina dalam Pertempuran Dahsyat, Putin Terpukul

Sabtu, 12 Maret 2022 | 10:21 WIB
header img
Jenderal Rusia tewas terbunuh/ Twitter @armedforceukr

KIEV, iNewsSerpong.id Perang Rusia Ukraina telah berlangsung selama dua minggu lebih. Hingga hari ini belum ada tanda-tanda perang akan usai. Bahkan, pertempuran keduabelah pihak telah merenggut banyak nyawa. Pasukan elite Ukraina berhasil menewaskan seorang jenderal ketiga Rusia dalam sebuah pertempuran melawan pada Jumat 11 Maret 2022.

Media-media Barat menyebut kematian sang jenderal menjadi pukulan pahit lainnya bagi Presiden Vladimir Putin. Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov, komandan Angkatan Darat ke-29 Distrik Militer Timur tewas dalam pertempuran di Ukraina.

"[Pasukan] pembela Ukraina membunuh komandan Angkatan Darat Rusia Andrei Kolesnikov," tulis penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashchenko di Twitter "Kabar baiknya adalah Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov, Komandan Angkatan Darat ke-29 Distrik Militer Timur, menjadi KIA [killed in action] hari ini," sambung dia tanpa merinci lokasi pertempuran tersebut.

Militer Ukraina dalam sebuah pernyataan mengonfirmasi kematian jenderal Moskow tersebut.

"Penjajah Rusia terus kehilangan perwira mereka dalam perang melawan Ukraina. Tentara berhasil melenyapkan Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov, Komandan Distrik Militer Timur," bunyi pernyataan tersebut via akun Twitter @ArmedForcesUkr.

Melansur Business Insider, Sabtu (12/3/2022), kematian Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov akan menjadi pukulan pahit lainnya bagi Vladimir Putin dan Kremlin yang melanjutkan invasinya di Ukraina. Sebelum Kolesnikov, dua jenderal Rusia mengalami nasib serupa. Keduanya adalah Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov, Kepala Staf Angkatan Darat ke-41, yang tewas di luar Kharkiv bersama beberapa perwira senior, dan Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky.

Sukhovetsky adalah jenderal pertama yang tewas dan dilaporkan dibunuh oleh sniper Ukraina. Putin mengonfirmasi kematiannya dalam pidato delapan hari setelah invasi. Christo Grozev, direktur eksekutif outlet jurnalisme investigasi Bellingcat, mengatakan bahwa konfirmasi kematian Sukhovetsky akan menjadi "demotivasi utama" bagi pasukan Rusia. Sukhovetsky dilaporkan telah diatur untuk perannya dalam mencaplok Crimea.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut