get app
inews
Aa Read Next : Dulu Susah Kini Punya Rumah Mewah, Kisah Artis Lulusan SMP

Banyak YouTuber Hapus Video Edukasi Trading Kripto Karena Disebut Jadi Afiliator Binary Option

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:50 WIB
header img
Erwin Laisuman, salah satu YouTuber yang disebut-sebut menjadi Afiliator Binary Option seperti Doni Salmanan dan Indra Kenz. (Foto: YouTube Erwin Laisuman)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Banyak YouTuber mendadak menghapus jejak video edukasi trading kripto, setelah disebut-sebut menjadi afiliator Binary Option seperti Doni Salmanan dan Indra Kenz. Seorang YouTuber bernama Monica Christy baru-baru ini membagikan unggahannya yang menyebutkan ada 32 YouTuber diduga menjadi afiliator Binary Option di Indonesia, selain Doni Salmanan dan Indra Kenz.

Dalam unggahan di akun YouTube-Nya, Monica Christy mengaku nama-nama tersebut di dapatkan dari salah satu followernya. Setidaknya ada 34 nama YouTuber yang diduga terlibat kasus penipuan berkedok Binary option, termasuk Doni Salmanan dan Indra Kenz.

Dari penelusuran iNews, beberapa akun YouTube yang disebut Monica mendadak menghapus video, padahal telah memiliki puluhan hingga ratusan ribu pengikut. Salah satunya adalah Erwin Laisuman, yang akun YouTube-nya diikuti 297.000 netizen dan telah mendapat centang biru atau terverifikasi. Saat ini, seluruh video di akun YouTube Erwin Laisuman telah dihapus.

Hanya tersisa 1 video klarifikasi di mana Erwin Laisuman menyatakan telah berhenti melakukan kegiatan trading Binaty Option. Dalam video berjudul "Stop Trading Binary Option" yang diunggah pada 15 Februari 2022, Erwin Laisuman juga mengimbau masyarakat untuk berhenti meolakukan trading Binary Option.

Video singkat berdurasi 0:44 detik itu, telah ditonton 104.161 netizen. Selain Erwin Laisuman, ada juga YouTuber Agam Syahputra yang dikenal dengan channel YouTube Detective Candle. Akun YouTube Agam Syahputra telah diikuti sekitar 35.000 pengikut, tak memiliki 1 video pun di saluran YouTube-nya.

Padahal channel tersebut biasanya mengunggah video edukasi bagi para trader. Dalam diskripsi Channel YouTube yang terdaftar sejak 7 Maret 2021 itu, Agam Syahputra menjelaskan 'DETECTIVE_CANDLE' membagikan ilmu bagi para trader melalui Analisa teknikal, yaitu : -Informasi candlestick -Konfirmasi candlestick -Eksekusi buy or sell "Treder profesional itu membagi ilmu, bukan MEMPERJUALKAN ILMU TREDING.. Oke....?!! Telegram saya satu-satu nya: @agamsyahputra01," demikian kutipan deskripsi akun YouTube Detective Candle.

Berikut Daftar Nama Afiliator Binary Finance yang dibeberkan Monica Christy:

1. Doni Salmanan

2. Indra Kenz

3. Raden Mas Ade

4. Ahmad Joe

5. Kak Fiten

6. Reyhan Syah

7. Agam (Detective Candle)

8. Erwin Laisuman

9. Jindul

10. Bondol Trader

11. Sarjana Trading

12. Eric Septian

13. Kenwilboy

14. Masben

15. Revand Nayara

16. Kapten Vincent

17. Doni Sasake

18. Setiawan Mulia (Tim Indra Kenz)

19. Daengbor

20. Ferdi Penna

21. Hamzah Pro

22. Akun YouTube Trader Sidrap

23. Akun YouTube Trader Mbah Dewo

24. Akun YouTube SuGi PujEr

25. Akun YouTube DINVEST

26. Evon Trade

27. Nodiewakgenk

28. Ergia Trader

29. Alan Surjayana

30. Aku Ghifari

31. Akun YouTube Nona Trader

32. Akun YouTube Marubozu Clasic

33. Fakarichs

34. Akun YouTube Bujang Dolah (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut