get app
inews
Aa Read Next : Kaki-kaki Mobil Harus Diperiksa Supaya Mudik Lebaran Lancar di Jalan

Penerima KPR Rumah Murah, DP Rp 3 Juta Bayar Kredit Rp 1 Juta Per Bulan

Rabu, 16 Maret 2022 | 07:50 WIB
header img
Rumah subsidi dengan KPR khusus dari pemerintah. (Foto : SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Para penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat berbincang.

Budi Riana Dewi sehari-sehari bekerja sebagai penjual krupuk. Ibu dengan 4 orang anak ini sangat bersyukur akhirnya memiliki rumah tinggal sendiri di kawasan perumahan Mutiara Batang.

Sebelumnya, selama bertahun-tahun mereka pindah dari satu rumah kontrakan ke kontrakan yang lain.

Lalu, Nur Marya Ulfa, sang penjual kue kering dan ayam juga tidak mengira akhirnya bisa punya rumah sendiri yang terjangkau karena DP dan cicilannya murah. Ditambah bonus rumahnya dekat dengan pabrik tempat suaminya bekerja.

"Bu Budi dan Nur Marya adalah sebagian kecil dari para penerima manfaat fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) FLPP yang memberikan beragam keringanan.

Contohnya berkat subsidi, bu Budi membayar Down Payment (DP) yang rendah (Rp3 Juta) hingga cicilan yang ringan (Rp1 Juta/bulan)," tulis Sri dalam akun Instagram resminya @smindrawati, Senin (14/3/2022).

Karenanya, dia senang dengan adanya program KPR FLPP yang memberikan fasilitas berupa likuiditas pembiayaan perumahan kepada kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memperoleh tempat tinggal.

Sepanjang 2021, penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp 24,19 triliun untuk 178.828 unit rumah. Dari nominal tersebut, porsi Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) sebesar Rp19,58 triliun dengan Rp16,62 triliunnya berasal dari APBN.

"Sumbernya darimana? Dari masyarakat juga, dari tiap-tiap rupiah yang disetorkan kepada negara melalui perpajakan. Inilah gotong-royong. Untuk mengatasi permasalahan kebutuhan rumah bagi rakyat, seluruh pihak harus untuk mewujudkannya. Kita bisa!," pungkas Sri Mulyani. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut