get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

HIKMAH JUMAT : Ramadhan Sarat Makna

Jum'at, 25 Maret 2022 | 08:38 WIB
header img
Bulan Ramadhan sangat istimewa bagi ummat Islam karena memiliki berbagai ibadah yang jarang dijumpai di bulan lain. (Foto/Ilustrasi : SINDOnews)

PENULIS : Dr. Abidin, ST., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

BULAN Ramadhan 1443 H tinggal menghitung hari. Bulan yang sangat istimewa bagi ummat Islam karena memiliki berbagai ibadah yang jarang dijumpai di bulan lain.

Begitu istimewanya bulan Ramadhan, sehingga bulan ini pun memiliki berbagai nama lain yang sarat makna.

Beberapa nama yang sarat makna dari bulan Ramadhan dapat diuraikan berikut ini.

Syahru Ash-Shiyaam

Syahru Ash-Shiyaam memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia adalah bulan puasa. Makna dari Syahru Ash-Shiyaam adalah bahwa pada bulan Ramadhan seluruh ummat Islam yang beriman diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.

Kewajiban melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183:

تَتَّقُوْنَۙ لَعَلَّكُمْ قَبْلِكُمْ مِنْ الَّذِيْنَ عَلَى كُتِبَ كَمَا الصِّيَامُ عَلَيْكُمُ كُتِبَ اٰمَنُوْا الَّذِيْنَ يٰٓاَيُّهَا

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Syahrul Qur’an

Syahrul Qur’an artinya adalah bulan Al-Qur’an. Makna dari Syahrul Qur’an adalah Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk pertama kalinya pada bulan Ramadhan.

Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 185:

وَالۡفُرۡقَانِۚ الۡهُدٰى مِّنَ بَيِّنٰتٍ وَ لِّلنَّاسِ هُدًى الۡقُرۡاٰنُ فِيۡهِ اُنۡزِلَ الَّذِىۡٓ رَمَضَانَ شَهۡرُ

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). 

Syahrul Qiyam

Syahrul Qiyam berarti bulan didirikannya shalat. Makna dari Syahrul Qiyam adalah bulan dimana umat Islam dianjurkan untuk mendirikan shalat di malam-malam bulan Ramadhan. Jumhur ulama mengartikan shalat di malam hari tersebut adalah shalat tarawih.

Penegasan anjuran shalat malam dapat dilihat pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari sebagai berikut: “Barang siapa mendirikan shalat di bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Syahru Ar-Rahmah

Syahru Ar-Rahmah berarti bulan rahmat. Makna dari Syahru Ar-Rahmah adalah bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat atau kasih sayang dari Allah SWT. Rahmat dan kasih sayang Allah amatlah luas, terlebih lagi di bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila Ramadhan tiba, maka pintu-pintu rahmat akan dibuka, lalu pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun akan dirantai.” (HR. Imam Muslim).

Syahrul Maghfirah

Syahrul Maghfirah berarti bulan ampunan. Pada bulan Ramadhan Allah SWT memberikan ampunan tidak hanya kepada insan yang memohon ampunan kepada-Nya, namun juga memberikan ampunan langsung kepada insan yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Hal ini ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim sebagai berikut: “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu.”

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut