get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Karyawan Kilang Pertamina Internasional, Pengendara Arogan yang Viral Meludah

Pertamina Beri Sinyal Naikan Harga Pertamax Cs

Senin, 28 Maret 2022 | 11:14 WIB
header img
Pertamina Sedang Bersiap Naikan Harga Pertamax Cs (FOTO: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – PT Pertamina (Persero) berencana akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis non subsidi yakni PertamaxPertamax Turbo dan Pertamax Dex semakin kuat, pasalnya saat ini PT Pertamina (Persero) sedang berkoordinasi terkait rencana penyesuaian harga BBM.

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, saat ini, Pertamina masih berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai keputusan ini.

"Sedang kami koordinasikan dengan stakrhokder terkait untuk penyesuaian harga Pertamax," ujarnya saat dihubungi Senin (28/3/2022).

Irto tidak bisa memperkirakan kapan pembahasan tersebut selesai. Yang jelas, dalam menentukan perubahan harga BBM, Pertamina harus melakukan diskusi dan pertimbangan dengan kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan lainnya.

Kementerian ESDM menetapkan harga keekonomian BBM RON 92 sebesar Rp 16.000 per liter. Hal ini menyesuaikan dengan tren minyak dunia yang masih tinggi.

Di sisi lain, desakan agar harga Pertamax dinaikkan semakin menggema. Pemerintah dinilai harus segera menaikkan harga BBM RON 92 milik Pertamina ini agar beban APBN tidak semakin berat.

Selain itu, kinerja keuangan perusahaan juga akan tertekan.

"Saya kira tidak ada cara lain selain melakukan penyesuaian harga untuk BBM umum mereka terutama untuk Pertamax," ujar Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan beberapa waktu lalu.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut