Thailand Week 2025 Rayakan 75 Tahun Persahabatan dengan RI dalam Spirit Kolaboratif Lintas Negara

JAKARTA, iNewsSerpong.i - Hubungan pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Thailand memasuki fase waktu 75 tahun. Dalam rangka memperingati hubungan persahabatan itu , pemerintah Thailand menggelar Thailand Week 2025.
Tahun ini, acara yang mengusung tagline “Unity in Culture, Connecting Opportunity”, Thailand Week 2025 akan diselenggarakan dari tanggal 8–10 Agustus di Laguna Atrium, Central Park Mall, Jakarta.
Thailand Week 2025 akan menghadirkan total 33 booth pameran. Pameran ini menghadirkan ruang interaktif untuk pertukaran nilai budaya, eksplorasi produk hingga perdagangan dalam semangat Kolaboratif lintas negara.
Hataichanok Sivara selaku Direktur Thai Trade Center, Jakarta di bawah naungan Department of International Trade Promotion (DITP), Ministry of Commerce (Thailand) menyampaikan, Thailand Week 2025 istimewa karena juga merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Thailand–Indonesia.
Momen bersejarah ini bukan hanya tentang pertukaran budaya, tetapi juga peluang strategis untuk memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara.
"Thailand Week 2025 akan menyuguhkan berbagai pertunjukan budaya setiap hari, termasuk tarian tradisional Thailand, demonstrasi Muay Thai, workshop boneka Thailand, serta demo memasak dessert khas Thailand secara langsung—menggabungkan pengalaman budaya dengan peluang usaha, serta memperkuat koneksi antarmasyarakat kedua negara," kata Sivara, Kamis (17/7).
Lebih lanjut di mengatakan, Thailand Week 2025 juga akan menampilkan berbagai merek Thailand dari sektor makanan & minuman, kecantikan & kesehatan, serta gaya hidup & desain rumah, yang masing-masing membawa cerita produk menarik dan portofolio siap ekspor.
"Acara ini menggabungkan kekayaan budaya Thailand dengan agenda bisnis yang kuat, dengan fokus utama pada program Business Matching yang menghubungkan eksportir Thailand dengan distributor, retailer, importir, dan pemilik merek Indonesia yang ingin mengembangkan portofolio produk mereka dengan produk unggulan dari Thailand," bebernya.
"Merek-merek ini mencerminkan bagaimana wirausahawan Thailand memadukan warisan budaya dengan inovasi dan estetika modern—menghasilkan produk yang otentik sekaligus memiliki daya saing global," tandanya.
Karena itu, tambahnya, Business Matching yang menjadi fokus utama kami tahun ini, ingin menyediakan platform yang nyata dan efektif bagi pelaku usaha dari kedua negara untuk bertemu langsung, menjajaki kolaborasi, dan membuka peluang distribusi, ritel, hingga produksi bersama di masa depan.
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta