JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka serentak pada 9 April 2022 mendatang. Para calon mahasiswa baru yang ingin mengikuti seleksi sekolah kedinasan 2022 dapat melakukan registrasi pendaftaran melalui laman resmi SSCASN Dikdin BKN.
Para peserta harus mengetahui jadwal hingga tata cara mendaftar seleksi sekolah kedinasan periode tahun ini. Berikut informasi terkait pendaftaran mahasiswa baru sekolah kedinasan pada tahun 2022:
Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2022
• Pengumuman pendaftaran: 1 - 8 April 2022
• Masa pendaftaran: 9 - 20 April 2022
• Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Mei - Juni 2022 (jadwal sementara)
• Seleksi lanjutan akan dilaksanakan masing-masing sekolah kedinasan
Dilansir dari laman resmi SSCASN Dikdin BKN, calon peserta dapat memilih sekolah kedinasan berikut saat melakukan pendaftaran seleksi tahun 2022:
1. Politeknik Keuangan Negara STAN, Kementerian Keuangan
2. Politeknik Statistika STIS, Badan Pusat Statistik
3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), BMKG
4. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), Kementerian Hukum dan HAM
5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Dalam Negeri
6. Politeknik Siber dan Sandi Negara, BSSN
7. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) serta 10 sekolah tinggi, poltek, dan akademi lain naungan Kementerian Perhubungan
8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Badan Intelijen Negara
Sementara untuk mendaftar sebagai siswa atau taruna di sekolah kedinasan tahun 2022, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Akses portal Sekolah Kedinasan di: https://dikdin.bkn.go.id
2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK KTP yang sudah tervalidasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.
3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
4. Unggah swafoto, pilih sekolah kedinasan yang ingin didaftar, isi data nilai, berkas syarat, dan lengkapi biodata.
5. Periksa kembali resume pendaftaran dan cetak kartu pendaftaran.
6. Jika sudah, tinggal menunggu data dan berkas yang sudah diinput untuk diverifikasi oleh instansi terkait.
7. Login ke portal SSCASN Sekolah Kedinasan, dan cek status kelulusan administrasi.
8. Jika dinyatakan lulus, maka pelamar akan memperoleh kode billing untuk pembayaran pendaftaran.
9. Setelah pembayaran dikonfirmasi, para pendaftar dapat mencetak kartu ujian di SSCASN sekolah kedinasan.
10. Ikuti proses seleksi sesuai jadwal dan ketentuan masing-masing instansi.
11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN. (*)
Editor : Syahrir Rasyid