get app
inews
Aa Read Next : Orangtua Wajib Paham Penggunaan Gadget Sehat untuk Anak

Dalam Orasi Ilmiah, Bachtiar A Kusuma Mengajak Mahasiswa Baru UIN Alauddin Tingkatkan Budaya Baca

Rabu, 04 September 2024 | 12:58 WIB
header img
Bachtiar Adnan Kusuma, menyampaikan Orasi Ilmiah di depan mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Gowa, Sulawesi Selatan, pada Selasa (3/9/2024). (Foto: Ist) 

GOWA, iNewsSerpong.id - Sebaiknya mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Gowa, Sulawesi Selatan menjadikan fakultas sebagai contoh dalam melek literasi, membaca, dan menulis.

Hal itu disampaikan Tokoh Literasi dan Penulis Nasional, Bachtiar Adnan Kusuma, dalam Orasi Ilmiah bertajuk “Membumikan Literasi dalam Menjaga Tradisi Akademik di Perguruan Tinggi”,  yang dibuka Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, Prof. Dr. H. Abd. Rasyid Masri, di Auditorium UIN Alauddin, Samata, pada Selasa, 3 September 2024.

Bachtiar menegaskan bahwa tidak ada suatu bangsa yang besar, dan tidak ada kampus yang maju, tanpa menjadikan membaca dan menulis sebagai dasar utama.

Budaya Baca Jepang

Ia mengisahkan bagaimana Jepang berhasil mengalahkan Uni Soviet di Perang Tsushima pada 1904-1905, meski Uni Soviet memiliki persenjataan modern, karena sebagian besar tentaranya tidak bisa membaca.

Sementara itu, tentara Jepang, meskipun bersenjatakan lebih sederhana, memiliki budaya baca yang tinggi, yang berkontribusi pada kemenangan mereka. “Budaya membaca dan menulis harus menjadi cermin utama bagi setiap mahasiswa di kampus manapun,” kata Bachtiar.

Ia juga menekankan bahwa ukuran kampus yang baik dapat dilihat dari sejauh mana mahasiswa mengadopsi budaya baca dan menulis serta memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada.

Bachtiar mengajak semua pihak untuk merefleksikan kondisi kampus, di mana masih banyak dosen dan guru yang minim dalam aktivitas membaca dan menulis. Berdasarkan survei, dari seratus responden, 56% mengaku belum pernah menulis buku, dan 44% yang sudah menulis buku belum terpikir untuk menerbitkannya.

Di antara 56 responden yang belum menulis, alasan yang muncul antara lain adalah karena tidak tahu cara menulis (46,3%), tidak ada waktu (35,7%), kurang percaya diri (7,3%), merasa tidak berbakat (7,3%), dan kurang motivasi (3,6%).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut