get app
inews
Aa Read Next : Menteri Bahlil Sebut  Idul Fitri Tahun Ini Terasa Istimewa, Setelah Dua Tahun Pemerintah Larang MUdi

Mudik Lebaran 2022, Ini 4 Cara Hemat Baterai Ponsel

Minggu, 10 April 2022 | 10:13 WIB
header img
4 cara hemat baterai ponsel saat mudik lebaran 2022 (Foto: Ultra Resources Inc)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Perjalanan mudik Lebaran 2022 ke kampung halaman tentu membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga ekstra, apalagi jika melewati jalur darat.

Di era kecanggihan teknologi seperti saat ini, smartphone menjadi barang penting yang wajib dibawa saat mudik Lebaran 2022, tetapi memiliki batas waktu standby.

Sebab, kapasitas baterai smartphone dibuat terbatas sehingga bakal cepat habis jika sering dipakai. Apalagi jika smartphone diandalkan untuk menunjukkan jalan lewat peta digital. Baterainya jelas sangat cepat kuras.

Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai smartphone. Mau tahu caranya? Simak tips yang dihimpun dari Gizmochina, Minggu (10/4/2022) berikut:

1. Cek Aplikasi

Smartphone biasanya dibelaki sejumlah aplikasi bawaan yang bisa menyedot baterai jika terus-menerus dipakai. Sebaiknya, cek dulu aplikasi yang berjalan di smartphone saat hendak mudik. Pastikan aplikasi yang dijalankan tidak menguras baterai sehingga smartphone bisa bertahan menyala dalam waktu lebih lama.

2. Turunkan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar ternyata memengaruhi daya baterai smartphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin banyak daya baterai yang terkuras.

Jadi, atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi agar tidak terlalu menguras baterai. Pastikan Anda tidak mengaktifkan kecerahan layar otomatis karena justru akan lebih cepat menguras daya baterai ponsel.

3. Matikan Notifikasi

Matikan notifikasi dari aplikasi yang kurang penting. Kebanyakan notifikasi yang masuk juga menjadi salah satu faktor yang mempercepat baterai smartphone terkuras.

4. Aktifkan Fitur Power Saving

Fitur penghemat baterai bisa diandalkan saat melakukan perjalanan mudik. Fitur ini bisa membatasi kemampuan smartphone. Sebab, hanya beberapa fitur penting saja yang akan berjalan. Jadi, baterai smartphone tidak akan terkuras untuk hal yang tidak penting. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut