get app
inews
Aa Read Next : Siapkan 622 Kursi, Syarat dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan 2024

Jelang Mudik Lebaran, Berikut Proyeksi Titik Rawan Macet Di Masa Mudik Lebaran 2022

Minggu, 10 April 2022 | 14:02 WIB
header img
Catat! ini titik rawan macet di masa mudik Lebaran 2022. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengantisipasi sejumlah titik yang akan menjadi biang kemacetan atau titik rawan di masa mudik Lebaran 2022.

Untuk itu Kemenhub pun bekerja sama dengan Korlantan Polri untuk mengantisipasi kemacetan di masa pelaksanaan mudik. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, sejumlah daerah yang berpotensi mengalami kemacetan adalah ruas jalan mulai dari Jakarta sampai dengan Cikampek hingga sejumlah daerah lain di Jawa Tengah. 

 “Saya dengan Korlantas Polri sudah melakukan identifikasi beberapa titik kemacetan yang  pertama sedang kita amati, pastinya yang akan terjadi dari Jakarta sampai dengan Cikampek baik yang mudik maupun yang balik,” kata dia, dikutip Minggu (10/4/2022). 

Selain itu, dia menjelaskan, beberapa titik di sekitar jalan nasional dari Pejagan sampai Prupuk, Jawa Tengah. Sebab, di lokasi itu terdapat kerusakan jalan sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kemacetan.

 “Itu yang jalan dari pinggir sungai karena ada kerusakan jalan, tapi saat sekarang ini sedang diupayakan perbaikan oleh Kementerian PUPR dan Pak Menteri Basuki mengatakan sebelum Lebaran sudah bisa siap,” ujarnya.

"Kemudian, jalan yang jembatan kemarin roboh di Lamongan itu pun sedang dalam penanganan. Sepuluh hari sebelum Lebaran sudah bisa selesai,” ujarnya. 

Daerah atau titik lain yang diperkirakan rawan macet, yaitu kawasan menuju Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Selain itu, di gerbang tol di Cikande.

“Kita antisipasi gate tol yang di Cikande akan kita perhatikan karena pada kondisi sekarang di KM 57 jalur A B Jakarta-Merak ini juga sedang dalam perbaikan,” katanya. 

Budi menuturkan, sejumlah tempat wisata juga diprediksi akan menjadi pusat kemacetan selama masa libur Lebaran. Beberapa yang dipantau, seperti wilayah Puncak, Pangandaran, Batu Raden, Purwokerto, Magelang, Yogyakarta, dan sekitarnya.  "Untuk Jalan nasional biasanya juga yang kami amati kemacetan itu terjadi di sekitar antara Bawen, Salatiga sampai ke Kartasura. Itu juga cukup rawan kemacetan," tuturnya.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut