get app
inews
Aa Read Next : 8 Artis Diajak Piknik Keliling Bulan, Undangan dari Yusaku Maezawa Miliarder Jepang

SpaceX Akan Bawa Manusia ke Mars Sebelum Tahun 2030

Selasa, 10 Mei 2022 | 11:02 WIB
header img
Roket SpaceX akan bawa kolono manusia ke Mars. FOTO/ IST

TEXAS - Ambisi untuk mendaratkan manusia di planet Mars sebentar lagi akan terwujud. Presiden dan Chief Operating Officer SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan ini akan terjadi sebelum tahun 2030.

"Saya pikir itu akan terjadi dalam dekade ini. Kita perlu mengirim manusia dalam jumlah besar ke Mars, dan kemudian orang-orang akan mulai berpikir lebih keras tentang itu," kata Shotwell dikutip dari Space.com.

"Dan kemudian, pikirkan dalam lima atau enam tahun, orang akan melihat bahwa itu akan menjadi tempat yang nyata untuk dituju," tambahnya.

Seperti diketahui bersama, SpaceX memang telah lama berambisi untuk mendaratkan manusia ke planet merah. Saat ini SpaceX terus mengembangkan pesawat ruang angkasa yang besar yang diberi nama Starship.

Roket ini dirancang untuk membawa orang dan muatan ke bulan, Mars, dan planet lainnya kelak. Starship bahkan sudah memiliki beberapa misi bulan yang akan langsung dilaksanakan jika pengembangannya telah selesai.

NASA pun telah memilih Starship sebagai pendarat bulan berawak pertama untuk program Artemis, yang berencana menempatkan astronot turun di dekat kutub selatan bulan pada tahun 2025 mendatang.

SpaceX sedang bekerja menuju tonggak besar dalam pengembangan Starship. Penerbangan uji orbital pertama, bakal dilaksanakan oleh SpaceX dari fasilitas Texas Selatan, yang disebut Starbase, dalam waktu dekat.

Kita lihat saja apakah uji coba orbital pertama ini akan berhasil atau tidak. Jika ya, maka prediksi Shotwell ini kemungkinan tepat dan akan semakin mendekati kenyataan. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 09 Mei 2022 - 23:14 WIB oleh Tangguh Yudha dengan judul "SpaceX Akan Bawa Manusia ke Mars Sebelum Tahun 2030 - SINDOnews". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://sains.sindonews.com/read/764905/767/spacex-akan-bawa-manusia-ke-mars-sebelum-tahun-2030-1652108716

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut