get app
inews
Aa Read Next : Biaya Hidup Tinggi di Jakarta Bukan Penghalang Bagi Masyarakat Urban

3 Daerah dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi di Indonesia, Jogjakarta Posisi Pertama

Rabu, 11 Mei 2022 | 06:41 WIB
header img
Badan Pusat Statistik (BPS) setiap tahunnya mencatat angka harapan hidup (AHH) di seluruh provinsi di Indonesia termasuk kota dan kabupaten di dalamnya. Foto/Info Travel Jogja

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Badan Pusat Statistik (BPS) setiap tahunnya mencatat angka harapan hidup (AHH) secara merata, di seluruh provinsi di Indonesia termasuk kota dan kabupaten di dalamnya.

Di mana ini adalah salah satu indikator yang menentukan indeks pembangunan manusia. Perhitungan tersebut dapat membantu menggambarkan, rata-rata lamanya waktu hidup seseorang di daerahnya.

Apabila angka AHH semakin tinggi, maka hal tersebut menunjukkan bahwa semakin baik kehidupan masyarakat serta kesejahteraannya di di wilayah tersebut. Dirangkum dari situs resmi BPS, berikut tiga daerah dengan angka harapan hidup tertinggi menurut provinsi dan jenis kelamin di Indonesia pada 2019 hingga 2021, dikutip pada Selasa (10/5/2022).

1. Jogjakarta

Jogjakarta menduduki urutan pertama dengan AHH tertinggi di Indonesia, baik untuk laki-laki maupun perempuan. AHH yang didapat pada 2021 yaitu sebesar 75,08 tahun hingga sementara ini menjadi paling unggul di antara lainnya.

Tingginya AHH di Jogjakarta bukan tanpa alasan. Hal ini didukung dengan perbaikan kualitas kesehatan penduduk utamanya kepada para bayi, balita hingga wanita berusia subur. Bahkan lansia juga mendapatkan perhatian khusus.

2. Kalimantan Timur

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut