get app
inews
Aa Read Next : Gol Aji Kusuma Antar Persita Tangerang Gilas Semen Padang FC

7 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini, Atlantis Salah Satunya

Minggu, 29 Mei 2022 | 20:21 WIB
header img
Misteri dunia yang belum terpecahkan hingga kini (Foto: gravision/Elements Envato)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada banyak misteri dunia yang belum terpecahkan hingga kini. Kendati perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih, masih banyak hal yang belum bisa terjawab terkait beberapa misteri yang ada di dunia.

Selain sejarah, ada hal-hal aneh dan misterius yang sampai saat ini sulit dipecahkan. Bahkan karena keterbatasan bukti dan faktor lain, beberapa misteri berikut mungkin bisa saja tidak akan pernah terpecahkan.

Berikut misteri dunia yang belum terpecahkan hingga kini dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Senin (23/5/2022).

1. Siapa Jack The Ripper?

Misteri dunia yang belum terpecahkan hingga saat ini adalah kasus kriminal yang dilakukan oleh sosok yang dijuluki Jack The Ripper. Pada tahun 1888, Jack the Ripper telah membunuh lima wanita di London dan memutilasi tubuh mereka. 

Gilanya, sejumlah surat yang diduga dari Jack The Ripper dikirim ke polisi untuk mengejek upaya petugas dalam menemukan mengusut kasus pembunuhan tersebut. Nama "Jack the Ripper" diketahui berasal dari surat-surat tersebut.

Meski telah bertahun-tahun dan banyak orang yang diduga sebagai penjahat keji tersebut, nyatanya sosok asli Jack The Ripper tidak pernah ditemukan. John Morris dalam bukunya tahun 2012 "Jack The Ripper: The Hand Of A Woman," menyinggung seorang wanita bernama Lizzie Williams adalah sosok Ripper.

Meskipun begitu, para ahli yang mendalami kasus Jack The Ripper meragukannya. Kasus Jack The Ripper menjadi fenomenal di dunia dan tampaknya nyaris mustahil lagi mengungkap sosok sang penjahat.

2. Area 51

Fasilitas Angkatan Udara AS yang berada di kawasan terpencil di negara bagian Nevada ini penuh dengan rahasia misterius hingga saat ini.

Area ini dikaitkan dengan konspirasi berbagai rahasia besar, salah satunya tentang UFO. Banyak yang meyakini bahwa area tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan kendaraan alien yang jatuh di bumi.

Sementara yang lain meyakini bahwa bahwa fasilitas militer bawah tanah tersebut sedang meneliti tentang teknologi alien. Apa yang ada di sana dan apa yang terjadi di sana masih menjadi misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini.

3. Mekanisme Antikythera, Yunani

Mekanisme Antikythera merupakan temuan arkeologis yang menyerupai komponen mekanis sebuah mesin. Setelah diteliti, artefak berasal dari masa 150 SM - 100 SM. Hal itu tentunya menjadi keanehan di bidang ilmu pengetahuan karena seolah ada teknologi canggih di masa Yunani Kuno.

Mekanisme Antikythera ditemukan di reruntuhan kapal berusia 2000 tahun di lepas pantai pulau Antikythera. Dikutip dari India Times,  Sejarawan sains Derek J. de Solla Price dari Universitas Princeton pada tahun 1959 mengemukakan bahwa perangkat tersebut dapat digunakan untuk memprediksi gerhana dan bahkan posisi astronomi.

Namun, hal yang misterius tentang benda tersebut adalah bahwa teknologi untuk membuat objek seperti itu tidak pernah ditemukan lagi hingga abad ke-14, dan alasannya masih belum diketahui.

4. Kain Kafan Turin

Kain Kafan Turin menyimpan misteri yang sulit terpecahkan hingga saat ini. Benda bersejarah yang kini disimpan di Katedral Santo Yohanes di Turin, Italia, itu berupa sehelai kain berbahan linen dengan tampilan gambar seorang pria.

Citra seorang pria yang muncul dalam kain tersebut diduga meninggal karena penyaliban. Oleh sebab itu, tak sedikit yang meyakininya sebagai kain kafan pemakaman Yesus.

Namun, para ilmuwan sampai saat ini masih belum berhasil menjelaskan bagaimana citra itu bisa tercetak di kain tersebut. Telah banyak penelitian dan eksperimen ilmiah dilakukan, tapi belum ada yang dapat meniru fenomena itu. Serangkaian tes termasuk studi DNA juga dilakukan guna mempelajari kain tersebut.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Juli 2018, kafan itu diduga palsu karena pola noda darah yang memunculkan citra wajah seorang pria itu tampaknya tidak realistis. Meski demikian, kain kafan masih tetap menjadi ikon agama, tetapi diselimuti misteri.

5. Stonehenge, Inggris

Stonehenge merupakan situs prasejarah berbentuk monumen batu raksasa yang terletak di Dataran Salisbury di Wiltshire , Inggris. Kompleks batuan Neolitik ini terdiri batu tegak besar dengan struktur utama yang terdiri dari bluestone. Situs ini telah Warisan Dunia UNESCO dan masih menjadi misteri hingga sekarang.

Pembangun kompleks peninggalan Neolitikum ini diasumsikan membutuhkan waktu sekitar 30 juta jam untuk membangun monumen prasejarah ini. Pasalnya, setiap batuan yang berdiri vertikal saja diperkirakan seberat 25 ton. Belum lagi batu-batu yang melintang horizontal yang ada di atasnya yang membuat para ilmuwan bingung. Ada pun yang masih menjadi misteri adalah siapa dan untuk tujuan apa struktur batuan raksasa itu disusun.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut