get app
inews
Aa Read Next : Royal Enfield Tawarkan Harga di Bawah Rp70 Jutaan untuk Shotgun 650  

Imbas Kenaikan Avtur, Harga Tiket Pesawat Jakarta-Singapura Meroket Di Atas Rp10 Juta

Jum'at, 03 Juni 2022 | 09:07 WIB
header img
Harga tiket pesawat naik drastis, Jakarta-Singapura di atas Rp10 juta, ini penyebabnya (freepik)

JAKARTA, iNews.id – Bagi anda yang berencana liburan ke luar negeri, khususnya Singapura, siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya harga tiket peswat Jakarta-Singapura saat ini meroket hingga dikisaran  Rp6 juta - Rp10 juta, sementara harga normal dikisaran Rp3 juta – Rp 6 juta.

Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno memberikan penjelasan mengenai harga tiket pesawat dengan rute penerbangan ke luar negeri yang melonjak drastis. Salah satu rute yang naik signifikan adalah Jakarta-Singapura atau sebaliknya.

 “Iya memang (benar) ada kenaikan harga yang cukup signifikan untuk harga saat ini. Misalnya ke Singapura kalau book jauh-jauh hari masih bisa di Rp3-6 juta, tapi kalau last minute booking SQ pp rata-rata di Rp7 juta atau bahkan di atas Rp10 juta,” kata dia saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (3/6/2022). 

Adapun penjualan tiket diprediksi sudah mulai meningkat, bahkan sejak tahun lalu ketika mulai beberapa negara membuka sejumlah border secara bertahap. 

“Kalau naiknya prediksi dari tahun lalu. Hanya menurun di bulan Mei, Juli, Agustus ketika ada larangan pembatasan perjalanan saat ada Omicron, Nah di bulan April 2022 sudah naik lagi,” ujarnya.

Pauline membeberkan, penyebab harga tiket pesawat yang mahal saat ini, salah satunya karena naiknya bahan bakar pesawat avtur, kurangnya penerbangan hingga demand masyarakat lebih tinggi dibanding supply. 

“Tak hanya itu, sekarang armada pesawat masih belum bisa beroperasi full post-pandemic, masih banyak yang masih dalam proses maintenance, kekurangan sparepart, lack of staff, sehingga kurangnya penerbangan, demand masyarakat lebih tinggi dibanding supply,” tuturnya. 

Astindo pun berharap, maskapai ke depannya dapat menambah frekuensi penerbangan ke Indonesia. Pasalnya, harga tinggi ini bukan hanya dari Indonesia ke luar negeri saja tapi juga dari luar negeri ke Indonesia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Harga Tiket Pesawat Naik Drastis, Jakarta-Singapura di Atas Rp10 Juta, Ini Penyebabnya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/harga-tiket-pesawat-naik-drastis-jakarta-singapura-di-atas-rp10-juta-ini-penyebabnya.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut