get app
inews
Aa Read Next : Dilelang Lagi Jeep Rubicon Mario Dandy, Harga Limit Diturunkan jadi Rp700 Juta

4 Mantan Kepala Desa Di Tangerang Jadi Tersangka Diduga Tilap Uang  Pembelian Mobil Operasional Desa

Jum'at, 10 Juni 2022 | 07:43 WIB
header img
Kepala Kejari Kabupaten Tangerang Nova Eliza Saragih. (Foto : MPI)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang telah menetapkan empat mantan kepala desa SN, M, DM, dan STN  sebagai tersangka atas kasus korupsi anggaran mobil operasional desa tahun  2018, pada Kamis (9/6/2022).

Kepala Kejari Kabupaten Tangerang, Nova Eliza Saragih mengatakan, keempat tersangka itu diduga menilap uang anggaran yang semestinya dibelikan mobil operasional desa tahun 2018.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang memang memberikan sejumlah anggaran kepada 27 Kepala Desa setempat untuk membeli kendaraan operasional desa.

"Setiap desa diberikan anggaran yang masing-masing jumlahnya berbeda. Dari 27 itu, 4 desa ini terbukti menyelewengkan anggaran, dan menyebabkan kerugian negara totalnya Rp 600 juta," katanya.

Anggaran tersebut diberikan secara tunai dan langsung diterima oleh keempat kepala desa itu. Uang tersebut kemudian diserahkan pada pihak kedua untuk diteruskan kepada showroom mobil, lantaran kendaraan sudah berada di kantor desa.

"Kepala desa menerima uang anggaran tersebut secara tunai, dan harus dibelikan mobil operasional sesuai dengan aturan yang ada," lanjutnya.

Namun rupanya pihak showroom tidak menerima uang tersebut. Bahkan tidak ada bukti transaksi jual beli atau faktur pembelian. Padahal, seharusnya para Kades tersebut melakukan pembelian berdasarkan Pebup dan LKPP dalam pengadaan kendaraan operasional desa.

"Tidak ada fakturnya, maka dari itu atas alat bukti yang ada dan hasil pemeriksaan, mereka (saat menjabat kepala desa) bertanggung jawab atas dana yang ada hingga kami tetapkan sebagai tersangka," ujarnya.

Atas perbuatannya itu, para tersangka pun dikenakan Pasal 2 dan 3 tentang Tidak Pidana Korupsi dengan ancaman lima tahun hukuman penjara. 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 4 Mantan Kepala Desa di Tangerang Diduga Tilap Uang Mobil Operasional Desa ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/4-mantan-kepala-desa-di-tangerang-diduga-tilap-uang-mobil-operasional-desa/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut