Logo Network
Network

Kuburan Bus Terbesar Ada di Indonesia, Lokasinya di Ciputat Tangerang Selatan dan Bogor

Inas Rifqia Lainufar
.
Minggu, 25 Desember 2022 | 09:39 WIB

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Sudah tahu kalau ada kuburan bus terbesar di Indonesia? Terletak di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ditempat itu terdapat bangkai bus mencapai sebanyak 483 unit. Dan, di Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain di Bogor, kuburan bus Transjakarta lainnya berada di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.  Jika diamati di lokasi yang dimaksud, bus-bus tersebut sudah usang dan berdebu. Tak hanya itu, ilalang dan rerumputan yang menjulang tinggi juga tampak menempel pada bangkai bus tersebut.

Sederet fakta mengenai kuburan bus paling besar di Indonesia yang patut untuk diketahui adalah sebagai berikut.

Bangkai Bus di Bogor

Setelah ditelisik, bangkai bus yang ada di Bogor tersebut merupakan produksi perusahaan yang telah dinyatakan pailit. Namun sebelum itu, Pemprov DKI Jakarta sebenarnya telah membayar uang muka sebesar kurang lebih Rp110 miliar kepada perusahaan tersebut.

Sayangnya, uang muka tersebut diketahui belum dikembalikan kepada Pemprov DKI Jakarta sampai saat ini. Dengan demikian, langkah hukum tengah ditempuh untuk menyelesaikan perkara tersebut. 

Berdasarkan pantauan Okezone.com, seperti dikutip pada pada Jumat (23/12/2022), terdapat secarik kertas pada kaca depan bus yang bertuliskan ‘Budel Pailit PT Putera Adi Karyajaya (Dalam Pailit) putusan perkara no.21/PDT.SUS-Pailit/2018/PN. Niaga.JKt.PST, tanggal 20 September 2018 dalam pengawasan kurator dan pengadilan niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat’.

Bangkai Bus di Ciputat

Bangkai bus yang ada di Ciputat merupakan produksi dari PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA). Terbengkalainya bus-bus tersebut karena PT Inka belum melakukan serah terima dengan Pemprov DKI Jakarta sampai saat ini.

Sejak selesai dibuat, bus produksi PT Inka itu belum digunakan sama sekali. Bahkan Pemprov DKI Jakarta juga tidak memberikan kejelasan apapun jika memang proyek kerja sama dibatalkan.

"Belum ada serah-terima (ke Pemprov DKI), jadi masih milik INKA," ucap Hartono, Senior Manager Humas, Sekretariat, dan Protokoler PT Inka.

"Jadi pembatalan kontraknya itu yang seperti apa? Kita kan masih belum menerima pembatalannya. Makanya ini masih proses penyelesaian," imbuhnya. Pemprov DKI Jakarta baru membayar uang muka kepada PT Inka.

Terkait mengkarkanya bus Transjakarta di Ciputat, Pemprov DKI Jakarta ternyata belum melunasi seluruh nilai kontrak kepada PT Inka. Hanya sebatas uang muka sebesar 20 persen dari nilai kontrak yang sudah diserahkan oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Melihat fakta bahwa bus tersebut mangkrak, PT Inka enggan mengembalikan uang muka yang telah dibayarkan. Bahkan walaupun kontrak dibatalkan, uang muka tersebut tidak akan dikembalikan. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ini Kuburan Bus Terbesar di Indonesia, Produksi Perusahaan yang Pailit? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/ini-kuburan-bus-terbesar-di-indonesia-produksi-perusahaan-yang-pailit/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini