Logo Network
Network

SUV Listrik MG ZS EV Dirakit di Cikarang, Dipasarkan Seharga Rp500 Jutaan

Muhamad Fadli Ramadan
.
Senin, 20 November 2023 | 05:00 WIB

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mobil listrik MG ZS EV telah diluncurkan MG Motor Indonesia yang dirakit dalam status CKD di Cikarang, Jawa Barat. Proses perakitan SUV listrik ini dilakukan di fasilitas milik Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Direktur Pemasaran dan PR MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, mengumumkan bahwa pabrik MG Motor Indonesia di Cikarang direncanakan akan beroperasi penuh pada Februari 2024.

Kapasitas produksinya direncanakan mencapai 100 ribu unit per tahun, dengan MG ZS EV sebagai mobil pertama yang akan diproduksi di pabrik tersebut.

Net Zero Emission

"Line up pertama yang akan kami produksi melalui proses CKD adalah New MG ZS EV dimulai pada bulan Februari 2024. Ini akan diikuti peluncuran kendaraan listrik kami berikutnya, MG 4 EV," ujar Arief, Rabu (15/11/2023).

Langkah perakitan New MG ZS EV dan MG 4 EV di Indonesia merupakan komitmen MG dalam mendukung target pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB).

Penggunaan kendaraan listrik ditargetkan mencapai 600 ribu unit pada tahun 2030, sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060.

MG ZS EV sendiri telah diperkenalkan pada ajang GIIAS 2023, Agustus lalu. Meski keran pemesanan belum dibuka, lebih dari 1.500 SPK untuk MG ZS EV telah tercatat hingga saat ini.

Rencananya, harga resmi untuk SUV listrik ini akan diumumkan pada tahun depan, dengan perkiraan kisaran harga antara Rp500 juta sampai Rp550 juta untuk versi CKD.

Arief menyebut perakitan mobil listrik MG ZS EV sebagai bagian dari komitmen produsen asal Inggris tersebut dalam memberikan kontribusi pada industri otomotif Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat membuka peluang lapangan kerja baru sesuai dengan dorongan pemerintah.

"Dengan memulai produksi New MG ZS EV di Februari 2024 di Indonesia, kami berkontribusi secara nyata pada industri otomotif Tanah Air. Ini tidak hanya akan meningkatkan potensi ekonomi dan lapangan kerja, tetapi juga akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin dalam elektrifikasi di kawasan Asia Tenggara," ujar Arief. (*)

 

Referensi artikel: Bocoran SUV Listrik MG, Dirakit di Cikarang Dibanderol Rp500 Jutaan.

Untuk akses berita lebih mudah dan cepat, Anda dapat mengunduh aplikasi Inews.id melalui tautan ini.

 

 

 


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini