Logo Network
Network

Chery Tangkap Wacana Mobil Rakyat, Dapat Insentif dengan Harga Dibawah Rp250 Juta

Dani M Dahwilani
.
Selasa, 26 Maret 2024 | 05:51 WIB

Chery menyambut baik wacana program insentif Mobil Rakyat untuk kendaraan dengan harga di bawah Rp250 juta. Chery memiliki Tiggo 5X yang bisa memenuhi harga mobil rakyat yang terjangkau. (Foto: iNews.id/Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Chery, produsen mobil asal China teratrik dengan wacana mobil rakyat dengan harga di bawah Rp250 juta. Wacana program mobil murah itu telah digulirkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pasar otomotif Indonesia saat ini menghadapi tantangan dengan target penjualan satu juta unit per tahun atau yang dikenal sebagai one million trap. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang tepat untuk menghidupkan kembali pasar otomotif.

"Kami sangat senang dengan wacana kebijakan Mobil Rakyat yang diajukan pemerintah. Kami memiliki Tiggo 5X yang mungkin akan tersedia dalam varian dengan harga di bawah Rp250 juta," ungkap Assistant Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI), Zeng Shuo di Jakarta, pada Jumat (22/3/2024).

Kapasitas Tujuh Penumpang

Zeng Shuo mengungkapkan bahwa Chery terus mengembangkan jajaran mobilnya di Indonesia. Setelah memperkenalkan mobil listrik Omoda E5 dan Tiggo 5X, Chery juga berencana meluncurkan produk baru pada tahun ini, termasuk mobil berkapasitas tujuh penumpang.

"Tahun ini kami akan memperkenalkan model baru, termasuk mobil dengan kapasitas tujuh penumpang," kata Zeng Shuo.

Sebelumnya, Chery Tiggo 5X hadir di Indonesia dalam dua varian, yaitu Tiggo 5X Champion dan Tiggo 5X Varian Classic. Varian Champion dijual dengan harga Rp299 juta dan Varian Classic seharga Rp269 juta on the road (OTR) Jakarta.

Namun, sejak IIMS 2024, Chery telah menurunkan harga kedua varian tersebut hingga Rp20 juta. Varian Tiggo 5X Classic kini tersedia dengan harga Rp249 juta, tepat di bawah batas harga Rp250 juta yang diusulkan untuk Mobil Rakyat.

Kebijakan insentif Mobil Rakyat mencakup pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil dengan harga di bawah Rp250 juta. Mobil dalam kategori ini dianggap bukan kendaraan mewah.

Wacana Mobil Rakyat sendiri pertama kali muncul pada tahun 2021, dengan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengusulkan hak istimewa bagi kendaraan jenis ini, termasuk pembebasan PPnBM.

Spesifikasi Chery Tiggo 5X mencakup desain yang menarik dengan Diamond Grille yang identik dengan seri Tiggo lainnya, serta lampu LED Headlamp dengan Crystal Diamond Lamp. Keamanan juga menjadi prioritas dengan penggunaan baja berkekuatan tinggi dan lembaran baja galvanis anti-korosi.

Chery, produsen mobil asal China siap hadirkan mobil rakyat di Indonesia. (Foto: Ist)
 

Product Planning PT Chery Sales Indonesia, Yusuf, menambahkan bahwa interior Tiggo 5X dilengkapi dengan head unit berukuran 10,25 inci yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi dan dilengkapi dengan asisten suara. Kursi berbahan kulit, dasbor dengan sentuhan lembut, dan sunroof juga menjadi bagian dari fitur interior.

"Untuk mesin, mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.500 cc VVT yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 112 hp dan torsi 138 Nm," jelasnya.

Tiggo 5X Champion, sebagai varian tertinggi, juga dilengkapi dengan tujuh fitur keselamatan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), termasuk Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Blind Spot Detection (BSD), Intelligent Head-Light Control (IHC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), yang biasanya ditemukan di mobil-mobil premium. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ada Tiggo 5X, Chery Sambut Wacana Mobil Rakyat ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/ada-tiggo-5x-chery-sambut-wacana-mobil-rakyat.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini