Dihadapan Delegasi G20, Sri Mulyani Tegaskan Dunia Tidak Butuh Perang

Michelle Natalia
Di Depan Delegasi G20, Sri Mulyani Tegaskan Dunia Tak Butuh Perang

NUSA DUA, iNewsSerpong.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa perang merupakan sesuatu yang sama sekali tidak dibutuhkan dunia pada saat ini. Hal ini disampaikan kepada delegasi G20

 

Menurutnya, negara-negara lebih membutuhkan jembatan dan koneksi. 

 

"Justru sekarang semua negara G20 harus bersatu dan membangun lebih banyak koneksi, bukan membangun tembok dan menciptakan perang," ujar Sri Mulyani dalam Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7/2022).

 

Sri Mulyani menambahkan, Indonesia sebagai Presidensi G20 sudah berusaha keras untuk menjembatani masalah berbagai negara anggota. Hanya saja, di tengah upayanya dalam memberikan konsultasi dan berkomunikasi dengan negara-negara yang bermasalah, malah negara seperti Rusia menciptakan situasi perang.

 

"Indonesia akan terus berdiskusi tanpa henti, menjangkau komunikasi, dan berkonsultasi mencari saran. Agar kami terus membangun jembatan dan jangan ada yang membangun tembok atau malah menciptakan perang," kata dia.

 

Pernyataan yang keras nan tegas ini mengarah terhadap delegasi Rusia yang juga turut hadir secara fisik di dalam FMCBG di Bali, yang diwakili oleh Wakil Menteri Keuangan Rusia Timur Maksimov.

 

Dia menegaskan bahwa semua negara anggota G20 harus memperkuat semangat multilateralisme dan perlu membangun jaring pengaman untuk kerjasama di masa depan, juga harus memperkuat komitmen untuk kemakmuran global bersama.

 

"Kami sangat menyadari bahwa kami bisa bekerja sama lebih dari yang kami mampu. Konsekuensi kemanusiaan bagi dunia dan terutama bagi banyak negara berpenghasilan rendah akan menjadi bencana besar," ucapnya.(*)

 

 

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network