Ekspansi Keuangan Digital, Astra (ASII) Siap Caplok Saham Bank Jasa Jakarta 49,56 Persen

Dinar Fitra Maghiszha
Astra (ASII) Siap Kuasai 49,56 Persen Bank Jasa Jakarta

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Anal usaha PT Astra International Tbk (ASII), PT Sedaya Multi Investama (SMI) berencana ekspansi di sektor keuangan digital.

Untuk memuluskan langkahnya, perseroan akan mencaplok saham PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) sebesar 49,56 persen.

Head of Investor Relation Astra International Tira Ardianti mengatakan progres transaksi kedua entitas tersebut masih menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Namun mohon dicatat bahwa (akusisi) ini masih bergantung pada persetujuan regulator, namun kami sudah menyampaikan keterbukaannya ke publik mengenai rencana ini," kata Tira dalam pertemuan dengan wartawan pasar modal, secara virtual, Jumat (5/8/2022).

Sebelumnya pada 1 Juli 2022, SMI telah menandatangani shares subscription agreement (SSA) untuk mengakuisisi 49,56 persen saham BJJ dengan nilai total mencapai Rp3,87 triliun.

Setelah penyelesaian rencana transaksi ini rampung, maka SMI akan memiliki 1.138.088 lembar saham yang mewakili 49,56% dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor di BJJ.

Terkait kemungkinan peningkatan kepemilikan di BJJ, Tira menegaskan perseroan belum bisa memberikan jawaban.

"Jujur saya belom bisa menjawab ini (secara detil), SSA yang kita sampaikan beberapa waktu lalu itu kan masih subject to OJK approval, jadi memang sebaiknya menurut saya kita tunggu dulu hasilnya seperti apa," tegasnya.

Tira menilai persetujuan OJK menjad fokus perseroan saat ini sembari memantau kondisi pemulihan ekonomi nasinal sebagai pijakan untuk meningkatkan margin investasi di sejumlah sektor potensial

Apabila izin OJK diperoleh, maka salah satu pemegang saham PT BJJ, WeLab Sky Limited -yang juga merupakan mitra akuisisi- juga akan meningkatkan kepemilikannya di PT BJJ sebesar 49,56% dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor di PT BJJ. Sehingga baik SMI maupun WeLab menguasai PT BJJ dengan persentase yang sama.

WeLab Sky merupakan bagian dari perusahaan WeLab Holdings, anggota dari Grup WeLab. Perusahaan adalah suatu platform fintech di Asia yang terkemuka.

Rencana WeLab untuk mengakuisisi BJJ juga telah mengemuka pada akhir tahun lalu. Diberitakan MNC Portal sebelumnya, WeLab dalam hal ini bertindak selaku pemimpin konsorsium untuk mengumpulkan dana segar dari investor sebanyak USD240 juta atau setara Rp3,43 triliun (asumsi kurs Rp14.300).

Bersama sejumlah investor yang tergabung dalam konsorsoum WeLab Sky, kelompok ini direncanakan bakal menjadi satu-satunya pengendali PT BJJ di mana sebelumnya telah mengambilalih 24% saham BJJ.(*)

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network