Ini Cara Menentukan Helm yang Pas untuk Kamu

Yaomi Suhayatmi
Tips memilih helm (Foto/Doc: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Salah satu perangkat mengendarai sepeda motor yang tidak boleh terlewatkan adalah helm. Bukan karena rawan ditilang jika meninggalkannya ya, tapi kewajiban mengenakan helm ini ada tujuannya yaitu untuk alasan keselamatan.

Mengingat di dalam kepala terdapat organ yang maha penting, yaitu otak. Sedangkan otak ini sangat rawan rusak dan berakibat fatal jika terjadi benturan. Itulah sebabnya, helm wajib hukumnya dipakai saat berkendara.

Meski demikian, agar helm benar-benar efektif berfungsi melindungi pemakainya, kita tidak boleh asal memakainya. Nah, sekarang yuk kita kepoin bagaimana cara memilih helm sepeda motor supaya presisi dan nyaman di kepala.

1. Ukurannya harus tepat

Helm yang berukuran tepat di kepala, bakal bikin nyaman untuk pemakainya. Karena jika kesempitan, kepala kamu bisa terasa sakit . Iya nggak? Begitu pula sebaliknya, jika longgar, tak cuma tidak nyaman, tapi bisa mudah terlepas. Akibatnya jika terjatuh maka meningkatkan risiko cedera serius di kepala.

Untuk itu, agar mendapatkan ukuran pas, sebelum membeli kamu bisa mengukur lingkar kepala untuk memastikan mendapat ukuran helm yang tepat. Biasanya setiap merek helm menyediakan panduan ukuran atau size chart. Ukuran ini yang menunjukkan angka diameter setiap ukuran (S,M atau L).

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sesuaikan helm dengan kebutuhan berkendara. Jika kamu suka melakukan perjalanan jauh atau touring, sebaiknya pilih helm berjenis full face, sementara jika hanya berkendara di dalam kota, helm half face bisa jadi pilihan utama. Helm full face yang nyaman dan aman, helm Ducati Arai bisa jadi pilihan, lhoo.

3. Tali Pengikat (Strap)

Pastikan kamu memilih helm dengan tali pengikat atau strap yang kuat dan tidak mudah lepas tapi mudah dikuncikan. Selain itu, tali pengikat helm pun posisinya harus pas artinya tidak mencekik atau terlalu longgar serta memiliki bahan yang lembut dan nyaman dengan bantalan dagu.

Pada banyak helm dengan spesifikasi balap, seperti helm KYT , pengait DD ring-nya dapat dilonggarkan atau dikencangkan dengan mudah saat terpasang.

4. Memiliki Kaca yang tepat

Agar penglihatan tetap terjaga selama berkendara baik di siang hari maupun malam hari, sebaiknya pilih helm yang memiliki kaca bening. Kamu juga bisa memilih helm yang dilengkapi kaca helm ganda (double visor) yang berwarna gelap, sehingga tetap nyaman saat digunakan berkendara di siang terik, bisa mengurangi cahaya silau yang masuk ke mata.

Dengan demikian, jika malam hari kamu tidak kesulitan tidak menyulitkan untuk melihat dan kaca hitam seluas area mata untuk menghindari silaunya terik matahari di siang hari.

5. Busa Empuk dan jahitan rapi

Busa sangat penting kamu pertimbangkan, ya. Cara mengeceknya, tekan busa helm untuk memastikan kenyamanannya ketika kamu gunakan nanti dalam jangka waktu yang lama. Pastikan busanya empuk sekaligus dapat bertahan lama meskipun dicuci secara rutin.

Jahitan yang rapi juga bisa menjadi pertimbangan. Karena jahitan kain pada helm yang rapi menandakan jika produk tersebut dibuat sedetail mungkin untuk kenyamanan dan keamanan pemakainya. Bahan kain yang mudah dibersihkan juga bisa kamu pertimbangkan agar tidak kesulitan untuk mengatasi jika ada noda yang melekat.

Nah itu sejumlah hal untuk menentukan helm yang tepat untuk kamu. Setelah dirasa klik, kamu bisa mendapatkan di Tokopedia, dan tentunya juga langsung klik. Yap! Di tokopedia tersedia berbagai merek helm termasuk helm nhk dan lain-lain. Kita tidak perlu repot untuk parkir dan keluar rumah pastinya. Selain akan mendapatkan harga bersaing, di Tokopedia juga banyak promo dan diskon, yang pasti bikin puas tapi hemat.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network