16 Danau Terluas di Indonesia, Nomor 12 Berada di Atas Puncak Banyak Kisah Mistis

Reza Rizki Saputra
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

11. Danau Sentarum 

Danau terluas di Indonesia berikutnya yakni Sentarum. Danau di Kalimantan Barat ini memiliki kedalaman 7 meter dan luas sekitar 275 meter persegi. Danau menyandang status Taman Nasional Danau Sentarum. 

12. Danau Habema

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Habema di Kabupaten Mimika, Papua. Danau ini memiliki luas 224 hektare yang berada di dataran tinggi tepatnya di atas gunung Trikora, Papua. 

Tak heran jika Danau Habaema disebut sebagai danau tertinggi karena berada di atas ketinggian 3.300 meter dpl.

13. Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo di kawasan wisata Gunung Briomo-Semeru, Jawa Timur masuk dalam jajaran danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas 12 hektare.

Ranu Kumbolo memiliki cerita mistis terkait seorang dewi yang ada di dalam danau tersebut. Dia konon suka menampakkan diri di tengah danau. Biasanya kehadiran sang dewi selalu diiringi dengan gumpalan kabut putih.

Danau Ranu Kumbolo. (Foto: Okezone)

Selain kisah dewi yang menjaga danau tersebut, terdapat cerita adanya pocong yang kerap menampakkan diri. Pocong tersebut suka menakuti para pendaki.

Tak heran Ranu Kumbolo masuk daftar danau di atas gunung paling angker di Indonesia.

14. Danau Tiga Warna

Danau terluas di Indonesia lainnya ada Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki luas 1.050.000 meter persegi.

Warna danau ini diketahui sering berubah-ubah. Masyarakat setempat percaya setiap warna yang muncul di danau tersebut dihuni oleh roh orang meninggal.

15. Danau Segara Anak

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anak ini memiliki luas 11,3 km persegi ini kabarnya memiliki sosok jin penunggu. 

Konon, di sekitar danau terdapat gua yang tidak boleh dijelajahi oleh pendaki demi keselamatan.

16. Danau Ciharus

Danau terluas di Indonesia terakhir yakni Danau Ciharus di Gunung Rakutak, Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat. Dana dijuluki kembaran Ranu Kumbolo ini memiliki luas 163 hektare atau 163,5 km persegi.

Konon, ada beberapa jin yang kerap menampakkan diri kepada pengunjung tertentu. Biasanya makhluk halus akan menampakkan diri kepada orang yang melakukan perbuatan tidak baik.

Itu dia pembahasan mengenai danau terluas di Indonesia. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan kalian ya. 

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network