16 Danau Terluas di Indonesia, Nomor 12 Berada di Atas Puncak Banyak Kisah Mistis

Reza Rizki Saputra
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Deretan danau terluas di Indonesia patut dijadikan referensi destinasi wisata bagi Anda yang suka travelling. Indonesia memang memiliki banyak danau yang luas dan dalam. Hal ini karena Indonesia dikelilingi gunung api.

Danau terbentuk selain karena faktor alam seperti gunung meletus dan gempa, ada juga danau buatan yang sengaja dibuat untuk kepentingan masyarakat. 

Danau yang terbentuk karena faktor alam akibat letusan gunung dan gempa atau danau vulkanik-tektonik di antaranya Danau Toba

Ada juga danau kawah. Melansir data dari esdm.go.id, danau kawan terbentuk akibat penurunan dasar kawah atau kaldera yang kemudian terisi oleh air meteorik.

Dapat terjadi pada gunung api yang masih aktif ataupun yang sudah tidak aktif lagi; air danau bisa bersifat netral maupun asam. Istilah lainnya adalah danau kawah dan danau kaldera. Danau jenis ini di antaranya Danau Kelimutu, Rinjani, Kawah Ijen, Telaga Warna dan Danau Batur.

Sedangkan danau karena buatan di antaranya Waduk Gajahmungkur, Waduk Jatiluhur, Waduk Cacaban dan lain-lainnya.

Berikut daftar 16 danau terluas di Indonesia yan memiliki pesona alam menakjubkan dan layak dijadikan destinasi wisata saat libur tiba:

1. Danau Toba

Danau terluas di Indonesia pada urutan pertama adalah Danau Toba. Danau ini terbentuk  secara alami akibat letusan yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 505 meter (1657 ft). Letaknya di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter. Selain itu kedalaman mencapai 505 meter sehingga Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan urutan terdalam ke 15 di dunia. 

Danau Toba memiliki panorama alam yang indah. Danau ini benar-benar sangat luas, bahkan bukit di seberang sampai tak terlihat. Salah satu spot menarik untuk menikmati pesona Danau Toba adalah dari kawasan Huta Ginjang. Huta Ginjang merupakan Desa di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. 

Salah satu pelabuhan di kawasan Danau Toba yang selesai direvitalisasi. (ANTARA/Donny)

Dalam bahasa Batak Huta Ginjang artinya perkampungan di atas. Dari titik ketinggian Huta Ginjang, kalian dapat menyaksikan hamparan Danau Toba serta perbukitan hijau yang mengelilinginya. Air danau biru yang tenang berpadu dengan langit biru yang diriaki awan menjadi pemandangan menakjubkan.

2. Danau Towuti

Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Towuti. Danau iini terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik. Pergeseran lempeng ini membentuk danau terbesar kedua di Indonesia. Danau Towuti berada di Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

Luas danau kurang lebih 561 km persegi. Kedalaman danau mencapai 203 meter. Danau ini digunakan sebagai tempat wisata dan tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan.

3. Danau Tempe 

Danau Tempe merupakan danau yang berlokasi di Sulawesi Selatan dengan luas kurang lebih 350 kilometer persegi. Danau ini dipercaya sebagai teluk yang memisahkan Toraja dengan Sulawesi Selatan. Kehidupan di sekitar danau ini masih sangat tradisional dan menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar dengan mencari ikan.

4. Danau Poso

Danau Poso berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau ini terbentuk sekitar 12 sampai 16 juta tahun yang lalu karena terbentuk pergeseran lempeng tektonik. Panjang danau ini kurang lebih 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan sekitar 323 km persegi. 

Danau ini berada di ketinggian 657 mdpl di atas permukaan laut. Uniknya, danau ini memiliki pasir putih seperti pantai dan gelombang air seperti air laut. 

Danau ini memiliki gradasi warna air seperti pantai. Dari kejauhan terlihat warna air biru tua. Sedangkan bagian tepi berwarna biru kehijauan.

5. Danau Matano

Danau Matano tak hanya masuk ke dalam jajaran danau terluas di Indonesia, namun juga danau paling dalam di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Danau Matano memiliki kedalaman hingga 590 meter. Di tingkat dunia, danau ini merupakan danau terdalam ke-8.

Luas danau Matano kurang lebih 16.000 hektar. Sedangkan panjang danau sekitar 28 km dan lebarnya 8 km. Danau ini menjadi tempat wisata dan rumah untuk hewan-hewan langka, salah satunya ikan Butini (Glossogobius matanensis). Ikan Butini dianggap sebagai ikan purba dan langka oleh warga sekitar. Selain ikan Butini ada hewan air tawar seperti kepiting Bungka (Parathelphusa), dan keong air tawar (Botia).

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network