Kisah Inspiratif Profesor Sugiyono, Guru Besar UNY yang Bangun Masjid dari Menulis Buku

Puti Aini Yasmin
Masjid Prof. Dr. Sugiyono Rusti di Banyumas, Jawa Tengah (Dok.UNY)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menulis buku menjadi salah satu pekerjaan mulia karena bisa membagi berbagai ilmu di dalamnya. Namun, siapa sangka dari kegiatan tersebut seseorang bisa membangun masjid?

Hal ini yang dialami oleh Profesor sekaligus guru besar dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bernama Sugiyono. Sepanjang hidupnya, ia telah menulis 25 judul buku dan 20 di antaranya adalah bidang Metode Penelitian dan Statistik.

Dari semua judul bukunya itu, Sugiyono ternyata menyisihkan sebagian royalti miliknya untuk membangun masjid di Desa Cindaga, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 1.300 meter persegi itu pun diberi nama 'Masjid Prof. Dr. Sugiyono Rusti'.

Masjid tersebut diresmikan pada 28 Agustus 2022 oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Ia pun berharap pembangunan rumah ibadah tersebut bisa menginspirasi para dosen lainnya.

“Semoga masjid dengan nama dosen dapat menginspirasi dosen-dosen lain untuk membangun masjid,” ujar Abdul dikutip dari laman resmi UNY, Sabtu (18/9/2022).

Sementara itu, berkat produktivitasnya dalam menulis buku, ia telah mendapatkan tiga piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni sebagai penulis terbanyak di Indonesia bidang metode penelitian, sebagai penulis terbanyak best seller di Indonesia bidang metode penelitian, dan sebagai narasumber tunggal peserta terbanyak.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network