6 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet Tanpa Minum Obat

Amelia Ayu Aldira
Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat dan mampet bisa diatasi tanpa minum obat. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa kamu lakukan.

Hidung tersumbat tentu mengganggu aktivitas. Sebelum melakukan cara mengatasinya, terlebih dahulu dipahami penyebabnya. Biasanya hal itu terjadi karena inflamasi dan penyumbatan di hidung. 

Kondisi ini merupakan gangguan kesehatan yang tidak terlalu parah.

Hidung tersumbat atau mampet juga menjadi gejala yang sering muncul saat seseorang mengalami flu atau alergi. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, hidung tersumbat juga membuat nyeri di wajah atau kepala hingga sulit untuk bernafas, karena aliran udara yang masuk melalui rongga hidung terhambat. 

Jika merasakan hidung tersumbat atau mampet berlangsung lebih dari seminggu, ada beberapa masalah yang menjadi penyebabnya seperti alergi, alergi hidung, tumbuhnya polip atau tumor jinak di hidung, paparan kimia, iritasi udara, atau infeksi sinus yang berlangsung lama.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa mencoba melakukan beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. 

Inilah cara ampuh mengatasi hidung tersumbat dan mampet.

1. Minum Air yang Cukup

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik, karena bisa membantu mengencerkan dahak, sehingga membantu pernapasan menjadi terasa lebih lega.

Minuman hangat dan sup panas juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi hidung tersumbat disertai sakit tenggorokan.

2. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga membantu mengurangi gejala hidung tersumbat karena uap dari air panas dapat membuka rongga hidung dan mengencerkan lendir di dalam hidung.

Meski tak menjamin menghilangkan hidung mampet dengan seutuhnya, setidaknya dengan mandi air hangat akan membuat merasa lebih nyaman selama beberapa saat. 

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network