HIKMAH JUMAT : Istiqamah, Sulit tapi Bisa

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Istiqamah adalah sikap atau upaya seseorang untuk tetap teguh mengikuti segala bentuk syariat yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya. (Foto : Ist)

Tak ada satu pun di antara muslim sejati yang ingin menjadi pecundang dalam mengarungi kehidupan ini. Semuanya ingin menjadi pemenang bukan? Pemenang yang sejati adalah mereka yang meninggal dengan husnul khatimah dan di akhirat dimasukkan ke dalam surga.

Sebaliknya para pecundang adalah mereka yang bisa saja tampaknya di dunia ini menjadi pemenang, tapi justru yang terjadi sebaliknya. Mereka meninggal dalam kondisi su’ul khatimah dan di akhirat dimasukkan ke dalam neraka.  Na’udzubillah.

Untuk dapat meninggal dengan kondisi husnul khatimah, seorang muslim dituntut untuk beristiqamah dalam ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Untuk itu, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Katakanlah: ‘Aku telah beriman kepada Allah’, kemudian istiqamahlah.” (HR. Bukhari).

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka istiqamah di atas hal itu, akan turun kepada mereka Malaikat di saat kematian mereka dan para Malaikat itu mengatakan kepada mereka: ‘Jangan kalian takut, jangan kalian bersedih hati, dan bergembiralah dengan surga yang telah dijanjikan untuk kalian.” (QS. Fussilat [41]: 30).

Sekali lagi, istiqamah memang sulit, tetapi kita harus yakin bahwa kita bisa beristiqamah. Untuk itu Baginda Rasulullah SAW memberikan kiat agar kita bisa istiqamah sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Anas bin Malik berikut ini:

“Iman seorang hamba tidak akan istiqamah, sehingga hatinya istiqamah. Dan hati seorang hamba tidak akan istiqamah, sehingga lisannya istiqamah. Dan orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatan-kejahatannya, tidak akan masuk surga.”

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network