HIKMAH JUMAT : Tiga Amalan Agar Selamat dari Musibah

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Ujian datang silih berganti, laksana ombak yang saling susul menyusul, membuat manusia semakin tangguh dan gagah dalam mengarungi lautan kehidupan. (Foto : iNews)

Memperbanyak Do’a dan Istighfar

Do’a adalah senjatanya orang beriman. Oleh karenanya untuk menghindari dan selamat dari musibah, Baginda Rasulullah SAW mengajarkan salah satu do’a dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad sebagai berikut:

“Barangsiapa membaca: Bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’as mihi syai’un fil ardli wala fis samaa’ wahuwas samii’ul ‘alim’ (Dengan nama Allah, dengan nama-Nya tidak akan berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, maka tidak akan ditimpa musibah mengejutkan hingga malam hari dan barangsiapa membacanya di waktu sore maka tidak akan ditimpa musibah yang mengejutkan hingga pagi hari jika Allah menghendaki.”

Selain dengan do’a seperti di atas, musibah juga dapat dihindari dengan cara memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah SWT. Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya yang artinya: “... Dan tidak (pula) Allah akan mengazab mereka selama mereka senantiasa beristighfar (memohon ampun).” (QS. Al-Anfal [8]: 33).

Memperbanyak Sedekah

Mentauhidkan Allah dalam setiap peribadahan adalah amalan hati, do’a dan istighfar adalah amalan lisan. Untuk menyempurnakan itu semua, maka ada satu amalan yang dilakukan oleh anggota badan serta menuntut pengorbanan harta dari pelakunya, yaitu bersedekah.

Sedekah adalah amal shalih penolak bala yang diajarkan dan dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah.” (HR. Thabrani).

Demikianlah, tiga amalan yang dapat dilakukan agar kita terhindar dan selamat dari musibah. Andai pun kita tetap tertimpa oleh musibah, maka kita akan termasuk ke dalam golongan orang yang terbaik dalam menyikapi musibah. Andai pun sampai kita wafat karena tertimpa musibah, maka in syaa Allah wafat kita dalam kondisi yang  husnul khotimah. 

Wallahu a’lam bish-shawab. (*)


Musibah juga dapat dihindari dengan cara memperbanyak istighfar, (Foto : iNews)

          

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network