6 Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponen Lainnya, Pemilik Mobil Wajib Tahu

Lutfan Faizi/NET iNewsSerpong
Radiator hanya salah satu komponen alat pendingin mesin mobil. (Foto : Ist)

4. Thermostat

Fungsi utama Thermostat adalah mengatur sirkulasi air pada alat pendingin mesin. Thermostat sendiri memiliki dua jenis, yaitu Thermostat yang memiliki katup by pass dan Thermostat tanpa katup.

Komponen Thermostat ini akan bekerja pada saat mesin mobil berada dalam kondisi suhu yang terlalu tinggi dengan membuat air tidak bisa melakukan sirkulasi.

5. Kipas Radiator

Kipas radiator memiliki dua jenis kipas, yaitu motor fan radiator dan fan radiator. Motor fan radiator berfungsi untuk memberi aliran udara ke radiator.

Sedangkan fan radiator berfungsi menghisap udara dari radiator agar udara dingin bisa melewati kisi-kisi radiator.

6. Radiator Cap

Fungsi dari radiator cap adalah mencegah titik didih agar tidak naik sampai 100 derajat Celcius. Radiator cap juga berguna untuk menyegel lubang pada blok dan kepala silinder.

Tugas utama komponen ini adalah menjaga kestabilan tekanan pada radiator. Radiator cap juga dirancang untuk bisa mengalirkan air yang akan menguap pada tabung cadangan.

Demikian enam komponen alat pendingin dari mesin mobil. Karena fungsinya yang begitu penting sehingga wajib menadapat perawatan berkala. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul "Mengenal 6 Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponen Lainnya, Yuk Disimak!".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network